Jurusan Akuntansi Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dr. Zaenal Fanani, S.E., M.SA., Ak. memberikan pemaparan di hadapan Dosen Akuntansi

Jurusan Akuntansi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan Workshop Evaluasi Kurikulum. Penyusunan kurikulum ini untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurusan Akuntansi menghadirkan dua narasumber untuk ikut merumuskan kurikulum yang didasarkan pada KKNI tersebut. Narasumber Pertama Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I dari LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan kedua Dr. Zaenal Fanani, S.E., M.SA., Ak. dari FEB Universitas Airlangga.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Plt. Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Siswanto, M.Si. Beliau menungkapkan pentingnya evaluasi kurikulum bagi mahasiswa dan lulusan. “Evaluasi kurikulum diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan” ungkapnya. Hal senada disampaikan Abdul Malik Karim Amrullah. Dosen yang akrab disapa Amka tersebut memaparkan pentingnya profil seorang pengajar dan paradigma kurikulum yang mengarah pada outcome based education. “Jauh sebelum populer, UIN Malang sudah memiliki kurikulum outcome based education yang dikembangkan oleh almarhum Prof. Muhaimin, M.Pd. yang sekarang dikenal dengan kurikulum berbasis KKNI” terangnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan evaluasi dan diskusi penyusunan kurikulum. Kemudian penyusunan silabi dan RPS berdasar rumpun ilmu oleh masing-masing komisi. “Setelah kegiatan ini, diharapkan telah tersusun kurikulum Jurusan Akuntansi Tahun 2019 berbasis KKNI” harap ketua Jurusan Akuntansi, Dr. Hj. Nanik Wahyuni, S.E., M.Si., Ak., C.A. [zl]