Program Studi Perbankan Syariah

Manajemen Jurusan 
Ketua Jurusan: Eko Suprayitno, S.E., M.Si.
Sekretaris Jurusan: Ulfi Kartika Oktaviana, S.E., Ak., M.Ec.
Staf Akademik: Khadi Suprapto, S.E.

Pendahuluan

Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan salah satu lembaga untuk menciptakan sumber daya manusia di bidang perbankan syariah yang profesional melalui lingkungan yang berbasis keilmuan (scientific community), baik secara intelektual maupun kultural dengan harapan mampu bersaing dalam skala global.

Sebagai program studi baru di Fakultas Ekonomi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 619 Tahun 2012 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Strata Satu (S1) Pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2012 yaitu memberikan izin penyelenggaraan Program Studi Perbankan Syariah (S1), maka langkah awal sebagai strategi pengembangan adalah dengan melakukan pengokohan akademik dan penguatan institusi (academic reinforcement and institutional establishment) melalui: (1) Peningkatan kuantitas dan kualitas dosen, (2) Mengembangkan kurikulum dan silabi sesuai kompetensi, (3) Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar berbasis kompetensi dan teknologi informasi, (4) Mengembangkan laboratorium mini bank, serta (5) Mengembangkan kerjasama dengan stakeholders.

SK Pendirian

  1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departeman Agama RI nomor : 619, tanggal 30 Mei 2012 tentang izin Pembukaan Jurusan Perbankan Syariah (S-1)
  2. Surat Keputusan tersebut ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Nomor : Un.3/PP.00.9/2174/2013 tentang penempatan jurusan perbankan syariah (S-1) di Fakultas Ekonomi

Visi

Menjadi pusat pengembangan manajemen dan bisnis lembaga keuangan dan perbankan syariah dengan kualitas lulusan yang memiliki karakter ulul albab bereputasi ASEAN tahun 2030

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran program strata 1 (S.1) yang kondusif yang berbasis integrasi sains dan Islam untuk guna mewujudkan lulusan berkarakter insan ulul albab dalam menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui dzikir, fikirdanamal shaleh.
  2. Menggali dan mengembangkan best practices manajemen dan bisnis lembaga keuangan dan perbankan Syariah.
  3. Mendorong dan menyebarluaskan hasil riset best practices manajemen dan bisnis lembaga keuangan dan perbankan Syariah melalui media pendidikan & pengajaran, penelitian.
  4. Melakukan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan bestpractise hasil riset yang kreatif, inovatif dan aplikatif.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Perbankan Syariah yang kreatif dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan yang berkembang di masyarakat serta memiliki sikap proaktif dalam melakukan pembaruan manajemen lembaga Keuangan dan Perbankan Syariah;
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menggali dan mengembangkan best practisemanajemen lembaga keuangan dan perbankan Syariah .
  3. Menumbuhkan jiwa dan budaya kewirausahaan dan kompetensi professional.
  4. Menghasilkan dan mengembangkan hasil riset manajemen lembaga keuangan dan perbankan Syariah yang kreatif, inovatif dan aplikatif.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menyebarluaskan hasil penggalian dan pengembangan best practise manajemen dan bisnis lembaga keuangan Syariah melalui media pendidikan & pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Jurusan Perbankan Syariah (S-1) melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi yang diharapkan :

  1. Pengetahuan dan Pemahaman
    1. Memahami dasar-dasar keuangan perbankan syariah;
    2. Memahami Konsep, teori, dan praktik manajemen perbankan syariah;
    3. Pengembangan dan penelitian Lembaga Keuangan Syariah, khususnya perbankan syariah;
  2. Ketrampilan Operasional
    1. Merancang program-program pengembangan bidang keuangan, pemasaran, SDM, serta produk-produk perbankan syariah.
    2. Mengorganisasikan divisi-divisi yang ada dalam industri keuangan syariah.
    3. Memimpin Lembaga Keuangan syariah
    4. Mendirikan dan mengembangkan Lembaga Keuangan Syariah
  3. Sikap dan Perilaku Moral
    1. Menjadikan keridhaan Allah SWT sebagai motivasi dalam bekerja
    2. Menjunjung tinggi norma moral, norma hukum, dan etika profesi.
    3. Mengembangkan kedisiplinan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kooperatif dan kematangan emosi.

Website

http://pbs.fe.uin-malang.ac.id