Tuesday, August 21, 2018

Job Fair VII 2018 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Fakultas Ekonomi yang dikoordinir Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang akan  menggelar JOB FAIR VII TAHUN 2018 pada tanggal 11 – 12 April 2018 mulai jam 09.00 – 15.00 di Gedung Sport Centre Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Puluhan perusahaan  membuka kesempatan untuk menempati  berbagai posisi ketenagakerjaan.   Mulai  jasa keuangan bank-non bank, broadcasting,  industry manufacture, kimia, obat-obatan, pertanian,  peternakan, teknik industry,  sector pendidikan, hingga  agen/penyalur tenaga kerja ke negara  lain.  Lebih  dari 2500  pencari kerja   (job seekers) berebut nasib  menepati berbagai  posisi  yang ada.  Peserta  mulai  lulusan  SMU/SMK hingga perguruan tinggi,  bersaing  untuk mendapat  tempat  kerja idamannya.Job fair sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak pihak. Setidaknya bagi pencari kerja, stakeholder atau perusahaan, dan lembaga pendidikan.   Pencari kerja didominasi oleh lulusan baru ( freshgraduate).  Bagi mereka, job fair akan membuka jendela  baru setelah bergelut dengan buku, dunia kerja.  Berbagai pilihan kerja bisa  mereka dapat. Informasi  kebutuhan tenaga kerja  banyak mereka peroleh. Sebaliknya, jika tanpa job fair.  Terlebih, tidak semua lulusan baru memiliki talenta  wirausaha.

Bagi stakeholder / perusahaan, keberadaan job fair tentu sangat menguntungkan. Tidak perlu buang biaya untuk pasang iklan atau jasa konsultan.  Setumpuk  berkas lamaran sesuai  keinginan mudah didapatkan.

Bagi institusi atau lembaga pendidikan tentu sangat membantu. Menghubungkan alumni dengan stakeholder pengguna. Dari sini bisa diketahui kemampuan daya saing sumberdaya (out put) yang dihasilkan, melalui kemampuan terserap pada lapangan kerja yang tersedia. Setidaknya, output  akan diuji  dengan lembaga pendidikan lainnya. Kerjasama antar perusahaan-lembaga pendidikan, integrasi pendidikan dengan lapangan kerja, ketrampilan yang dimiliki, profesionalisme pendidik, kesesuaian akademik dengan kebutuhan dunia kerja, dan lain sebagainya. (aph).

Untuk lebih lengkapnya, dapat di download disini