“Gathering” Tradisi Akuntansi

Gathering menjadi tradisi yang selalu dinantikan oleh mahasiswa baru (maba) Jurusan Akuntansi FE UIN. Masa orientasi mahasiswa baru atau yang biasa disebut “ospek”, bukan menjadi persoalan yang menakutkan bagi maba. Momen ini yang justru ditunggu, setelah mengikuti orientasi kampus secara serentak di universitas.   Jurusan Akuntasi mengemas dengan model gathering dan materi pembekalan sebagai asupan semangat sebelum maba mengikuti proses perkuliahan (26/8).

Gathering dilakukan untuk menyambut maba sebagai keluarga besar akuntansi. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun keakraban, kekeluargaan, dan ajang silaturrahmi antara mahasiswa baru, dosen, dan stafnya. Informasi terkait system akademik, perkuliahan, dan berbagai kegiatan mahasiswa (himpro) di Jurusan Akuntasi, dikenalkan pada mahasiswa baru pada forum ini.

Di samping itu, ada tema yang diangkat dalam forum ini. “Peran Akuntansi dalam mewujudkan tujuan yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi”, dijadikan tema pada gathering maba kali ini. Tujuannya, untuk membuka pengetahuan tentang keakuntasian, khusunya profesi akuntansi dalam   dunia kerja, dengan spectrum yang sangat luas. Pemateri, berasal dari praktisi akuntan public, Thoufan Nur, SE., Ak., MSA., CPA., CA., BKP, yang saat ini menjabat sebagai Pemimpin “Rekan KAP Thoufan dan Rosyid Malang” dan penasehat investasi pada Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Sebelum menjalani proses perkuliahan, maba diberi pengetahuan tentang profesi akuntansi. Maba biasanya belum memahami, bagaimana peran profesi akuntansi di dunia kerja, baik di sector pemerintah maupun swasta. Bekal yang diberikan pada saat gathering, diharapkan akan menjadi suplemen energy dalam menjalani proses perkuliahan selama tujuh setengah hingga delapan semester kedepan, kata Ketua Jurusan Akuntasi, Dr. Hj. Nanik Wahyuni, SE, MSi. Selamat dan sukses buat Akuntansi FE UIN (us).