Bank Syariah Uji Kompetensi

Ujian komprehensif di Fakultas Ekonomi kali ini terlihat sangat istimewa. Jurusan D3 Perbankan Syariah  menyertakan praktisi dari berbagai bank syariah sebagai penguji komprehensif pada mahasiswa semester genap 2014/2015.   Praktisi penguji tersebut berasal dari Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, Bank Panin Syariah, dan Bank Jatim Syariah. Keberadaannya sebagai penguji sangat diperlukan untuk mensinergikan (link-match) antara materi kuliah-kurikulum dan metodologi pembelajaran dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industry jasa keuangan perbankan syariah.

53 mahasiswa D3 Perbankan Syariah semester genap menjalani uji komprehensif, yang kelulusannya dijadikan sebagai syarat untuk bisa mengikuti ujian akhir. Ujian komprehensif dengan melibatkan praktisi eksternal pertamakali dilakukan di Fakultas Ekonomi UIN selama dua hari (Rabu-Kamis/20-21/5). Adapun kompetensi mahasiswa yang diuji terkait dengan pemahaman prinsip-prinsip bank syariah, manajemen bank syariah, dan aplikasi atau praktek sebagai customer service, teller, marketing, dan back office.

Perlu diketahui, kurikulum yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada D3 Perbankan Syariah memiliki bobot 60 % praktek dan 40 % teori. Penguji eksternal dari perbankan syariah, berperan menguji sejauh mana kemampuan praktek yang dimiliki oleh mahasiswa dalam melayani nasabah atau customer service, teller, marketing, dan back office. Kemampuan praktek ini harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai modal dasar kesiapannya memasuki dunia kerja di perbankan syariah, kata Kajur D3 Perbankan Syariah, Irmayanti Hasan, ST., MM.

Di samping itu, keberadaan praktisi penguji eksternal diharapkan bisa menjadi penghubung dengan dunia kerja. Stakeholder akan mengetahui bahwa lulusan D3 Perbankan Syariah UIN Malang telah memiliki kemampuan, kompetensi,  dan   siap memasuki dunia kerja pada perbankan syariah.

Selepas ujian komprehensif,   para penguji eksternal memberikan apresiasi yang luar biasa. Pengetahuan teori dan praktek yang dimiliki mahasiswa,   meyakinkan penguji untuk menggunakan tenaga kerja lulusan D3 Perbankan Syariah.  Beberapa penguji memberikan garansi untuk bergabung dengan bank syariah pasca kelulusannya. (us).