S3 Ekonomi Syariah

Visi

Menjadi Program Studi Ekonomi Syariah yang kredibel, proaktif, inovatif, dan terkemuka dalam pengembangan filosofi keilmuan dan riset ekonomi dan bisnis syariah, serta memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional

Misi

  1. Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki integritas kepribadian yang kokoh, produktif dan dedikatif serta profesional dalam pengembangan filosofi keilmuan dan riset ekonomi dan bisnis syariah.
  2. Menjadikan Program Doktor Ekonomi Syariah sebagai lembaga kajian strategis untuk pembangunan bidang keilmuan dan riset ekonomi dan bisnis syariah.
  3. Menjadikan Program Doktor Ekonomi Syariah sebagai mitra strategis bagi instansi dan institusi pemerintah maupun swasta dalam rangka peningkatan layanan bisnis dan ekonomi syariah.
  4. Mengembangkan Program Doktor Ekonomi Syariah sebagai lembaga yang responsif terhadap perubahan, proaktif dan inovatif dalam pengembangan filosofi keilmuan, riset, dan pemecahan masalah ekonomi
  5. Mengembangkan Program Doktor Ekonomi Syariah yang memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional melalui publikasi ilmiah hasil riset.

Tujuan

  1. Menghasilkan doktor yang memiliki integritas kepribadian yang meliputi kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan filosofis.
  2. Menghasilkan doktor ekonomi syariah yang memiliki kemampuan menghasilkan temuan baru, teori baru, metodologi baru, serta pola pengembangan ilmiah baru dalam literasi ekonomi syariah yang bercirikan integrasi Islam dan sains, melalui penelitian ilmiah ekonomi syariah
  3. Menghasilkan doktor ekonomi syariah yang memiliki kapasitas sebagai peneliti, pengembang, dan atau konsultan dalam bidang ekonomi dan bisnis syariah pada berbagai posisi dalam sektor ekonomi dan non ekonomi.
  4. Melahirkan doktor ekonomi syariah yang memiliki wawasan dan profesionalisme keilmuan yang luas dan mampu bekerja sebagai arsitektur pembangunan ekonomi syariah yang integratif baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Mampu melakukan penyebaran ide dan gagasan melalui publikasi artikel hasil riset di jurnal nasional maupun internasional bereputasi.

Profil Lulusan

  • Akademisi
  • Peneliti
  • Dewan Pengawas Syariah
  • Konsultas Ekonomi Syariah
  • Entrepreneur

Kurikulum dan Mata Kuliah

Kurikulum Program Doktor Ekonomi Syariahdirancang untuk menghasilkan lulusan yang terbaik dan dapat menyelesaikan studi di Program Doktor ini minimal 7 semester dan maksimal 14 semester, serta mampu untuk mempublikasikan minimal 2 artikel di jurnal nasional ataupun internasional. Sebaran mata kuliah dan kurikulum sebagi berikut:

  1. Mata kuliah semester satu terdiri dari 15 SKS
  2. Mata kuliah semester dua terdiri dari 12 SKS
  3. Mata kuliah semester tiga terdiri dari 3 SKS
  4. Disertasi 15 SKS
  5. Sehingga total 45 SKS

Kurikulum dan Sebaran Matakuliah

SEMESTER 1
NoMata KuliahSKS
1.Ekonomi Islam Dalam Multi paradigma3
2.Usul Fiqh3
3.Manajemen Industri Halal3
4.Islam Dan Entrepreneurship3
5.Islamic Leadership3
TOTAL SKS15
SEMESTER 2
NoMata KuliahSKS
1.Metode Qualitatif3
2.Islamic Organizational Behavior3
3.Keuangan dan Perbankan Syariah3
4.Metode Quantitatif3
TOTAL SKS12
SEMESTER 3
NoMata KuliahSKS
1.Research Kontemporer3
TOTAL SKS3
DISERTASI
NoKegiatanSKSKeterangan
1.Ujian Kualifikasi3
2.Ujian Proposal3Sudah publish artikel
3.Seminar Hasil3
4.Ujian Tertutup3Sudah publish artikel
5.Ujian Terbuka3
6.Pengesahan0
TOTAL SKS15