Webinar Investasi: Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal

(16/10) Galeri Investasi Syariah/ GIS BEI UIN MALIKI Malang mengadakan agenda rutinan yaitu webinar investasi dengan tema cerdas berinvestasi dipasar modal denagn pemateri Bapak Hendratama Putra Irwanndana SE (relationship manager bank dan investor) dan Bapak Rizal Agung Wicaksono SE (investment specialist at mirae asset). Acara pada pagi ini dimulai dengan sambutan pimpinan GIS yaitu ibu Mega Noerman Ningtyas, SE.,M.Sc. Setelah itu sambutan sekaligus pembukaan acara dari wakil dekan tiga fakultas ekonomi UIN Malang yaitu ibu Dr. Indah Yuliana SE. MM, beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk mengasah skill dan kemampuan mahasiswa yang tertarik pada pasar modal yang nantinya dikembangkan dan memberikan kemanfaatan untuk para peserta kedepannya.

Materi pertama yang disampaikan mengenai landasan berinvestasi untuk pemula yang disampaikan oleh Bapak Rizal Agung Wicaksono SE (Investment Specialist at Mirae Asset). Pemateri menyampaikan betapa pentingnya investasi dimasa sekarang, apalagi pada saat pandemi seperti pada saat sekarang, banyak manfaat yang diperoleh dengan berinvestasi. Pemateri juga menjelaskan jenis-jenis investasi yang ada dipasar modal, yaitu obligasi, reksadana dan saham. Pemateri juga berpesan agar setiap pemasukan yang didapatkan bisa dikembangkan lebih lagi, salah satunya dengan berinvestasi. Pemateri juga menyarankan sebelum kita berinvestasi kita harus lihat dahulu apakah sekuritas yang kita gunakan legal dan apakah penjanjian yang diberikan logis. Berinvestasi dinyatakan halal oleh MUI sehingga kita tidak perlu ragu untuk mulai investasi. Pemateri memberikan tips kepada peserta bagaimana cara memilih produk investasi, yaitu dengan memilih produk yang kita pakai sehari-hari. Materi pertama ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri. Pemateri juga memberikan lima pertanyaan sebagai doorprize kepada peserta tentang materi yang diberikan hari ini. Peserta sangat antusias untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu penyerahan sertifikat secara virtual kepada pemateri. 

Dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Hendratama Putra Irwanndana SE (Relationship Manager Bank Panin dan Investor) mengenai tips dan trik dalam berinvestasi saham. Beliau memaparkan apa yang akan terjadi setelah kita lulus kuliah, mulai dari masa quarter crisis, menikah, simpanan hari tua dan lainnya. Beliau menekankan untuk mengatur keuangan bulanan dengan prosentase yang baik. Beliau menjelaskan problematika ketika bermain saham atau bisa juga disebut psikologi trading. Beliau pun menyarakankan agar kita berinvestasi tidak lebih dari 5 saham agar porsi modal bisa terpakai dengan maksimal. Materi kedua ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. Peserta terlihat antusias untuk bertanya. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara virtual kepada pemateri. Selanjutnya adalah pengundian doorprize kepada peserta yang bertanya selama webinar berlangsung. Pengundian dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di internet. Dari 15 orang peserta undian, yang terpilih hanya 10 peserta yang memenangkan undian yaitu pembukaan akun di mirae asset dimana awalnya minimal deposit awalnya 3 juta untuk mahasiswa dan untuk umum 10 juta didalam acara ini peserta yang beruntung dapat membuka akun dengan minimal deposit awal Rp 100.000 saja. Acara webinar kali ini berjalan lancar dan meriah dengan diikuti partisipan tidak hanya mahasiswa UIN Malang namun juga dari umum dengan pendaftar mencapai 280 orang.