Unit PKL FE UIN Malang Gelar Sosialisasi PKL Tahap 2 Tahun 2021

Unit PKL FE UIN Malang melaksanakan kegiatan rutin tahunan berupa pembekalan bagi mahasiswa peserta kegiatan PKL sebelum terjun ke lokasi PKL masing-masing. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 November 2021 di meeting room dan diselenggarakan secara virtual melalui media Zoom. Kegiatan sosialisasi PKL ini diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah. Acara dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik yaitu Bapak Dr. Siswanto, M.Si.

Materi sosialisasi diberikan secara pararel. Materi pertama disampaikan oleh Ketua Jurusan Akuntansi, Ibu Yuniarti Hidayah S. P., SE., M.Bus., Ak., CA., Ph.D. Dalam materinya beliau menyampaikan point penting mengenai pentingnya performance bagi mahasiswa dalam melaksanakan PKL di lokasi. Dimana, dari performance yang ditunjukkan ini diharapkan mahasiswa mampu meninggalkan kesan baik bagi perusahaan dan berdampak pada direkrutnya mahasiswa tersebut sebagai karyawan tetap perusahaan. Performance yang harus dimiliki setiap mahasiswa diantaranya meliputi (1) Attitude yang mempresentasikan UIN, yaitu sikap sopan santun. (2) memahami aturan perusahaan serta menjalankan aturan tersebut dengan sungguh-sungguh. (3) tepat waktu. (4) memperhatikan cara berkomunikasi yang baik dan sopan. (5) memiliki sikap inisiatif serta proaktif dalam mengamati, bertanya serta bekerja yang berhubungan dengan segala pekerjaan yang diberikan. Dan (5) cermati dan perhatikan cara berpakaian, paling tidak pakaian yang digunakan harus bersih dan rapi. Hal ini bertujuan agar mahasiswa terlihat lebih professional. Pesan terakhir yang disampaikan oleh beliau adalah agar tidak lupa untuk selalu menjaga komunikasi dengan DPL agar kegiatan PKL berjalan lancer dan laporan dapat diselelsaikan dengan baik.

Melengkapi materi mengenai performance yang diberikan pada sesi 1, pemateri kedua yaitu Ketua Jurusan Perbankan Syariah Ibu Yayuk Sri Rahayu, M.M. menyampaikan materi mengenai tips dan trik dalam mengidentifikasi masalah agar dapat dijadikan sebagai topik dalam penyusunan laporan PKL. Hal pertama yang dapat dilakukan oleh mahasiswa peserta PKL sebelum terjun ke lokasi untuk melaksanakan PKL adalah dengan mencari tema pembahasan yang sesuai dengan konsentrasi masing-masing. Tema pembahasan ini dapat diperoleh melalui google cendekia, laporan hasil PKL kakak tingkat yang ada di perpustakaan fakultas dan lain-lain, tentu saja dengan menyesuaikan dengan lokasi tempat mahasiswa menjalankan kegiatan PKL tersebut. Tujuannya adalah agar pada saat mahasiswa sudah terjun ke lapangan, mereka sudah tau bahan apa saja yang diperlukan untuk menyusun laporan akhir mereka disamping mengerjakan pekerjaan utama yang diamanatkan oleh perusahaan untuk dikerjakan. Selain itu, penyusunan laporan PKL yang dikerjakan dengan baik maka dapat dikembangkan sebagai bahan penulisan skripsi. Tentu saja hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam meringankan penyususnan tugas akhir mereka dalam menyelesaikan perkuliahan.