Tim Akuntansi FE UIN Malang Juara 1 Pekan Ilmiah Akuntansi 2022

Tim Akuntansi FE UIN Malang berhasil meraih juara 1 Kompetisi Akuntansi Tingkat Nasional  pada Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (10-12/8).  Pekan Ilmiah Akuntansi digelar 2 tahun sekali dengan melibatkan perguruan tinggi  se-Indonesia yang memiliki jurusan Akuntasi. Berbagai agenda seperti workshop, seminar nasional, field trip, dan gala dinner digelar dalam agenda ini. Hadir sebagai peserta diantaranya Universitas Trisakti,  Lambung Mangkurat, Univ. Udayana, Marwadewa, Poltek Bandung, Poltek Padang, STIA,   Univ. Surakarta, dan lain-lain.

Babak penyisihan dilakukan secara online dengan cara mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Sedangkan pada semifinal dan final, peserta diminta  menjawab 20 soal secara lisan dan tertulis, menjawab dengan sistem cepat-tepat, dan presentasi isu akuntanis terkini. Tim UIN Malang memperoleh akumulasi nilai akhir 291,75 dan memperoleh peringkat juara pertama.

Soal yang diajukan dalam kompetisi akuntansi sangat beragam seperti; Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Perpajakan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya,  Auditing, Teori Akuntansi, Manajemen Investasi & Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Isu Akuntansi Terkini. 

“Cakupan materi yang diuji sangat banyak. Untuk memudahkan penguasaan materi, kami berbagi tugas agar dapat mendalami setiap topik. Alhamdulillah, kami dapat meraih juara 1 di ajang ini” kata Rifqi, mewakili tim. Nur Huda, Rifqi, dan Alfian sudah lama menjadi  tim yang kompak. Mahasiswa akuntansi semester 7 ini juga aktif di organisasi mahasiswa GenBI (Generasi Baru Indonesia), serta menjadi pengurus asisten laboratorium akuntansi & auditing UIN Malang. “Ini menjadi lomba terakhir bagi kami. Kami harus mempersiapkan kader untuk  meraih prestasi di ajang Pekan Ilmiah Akuntansi dua tahun mendatang” kata Rifqi penuh semangat. [us].