Susun Buku Ajar di Era New Normal

Jurusan Akuntansi FE UIN Malang adakan pelatihan penyusunan buku ajar berbasis riset bagi dosen.  Buku ajar digunakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui penyediaan bahan ajar berkualitas.  Setelah pelatihan,   diharapkan  dosen  mau dan mampu memindahkan materi ajar ke dalam buku ajar yang berkualitas tinggi.  Berbagai manfaat  buku ajar diantaranya adalah  mengurangi ketergantungan mahasiswa pada dosen, dapat membantu mahasiswa belajar dengan baik, proses belajar mengajar lebih efektif dan aktif.

Buku ajar yang baik tentunya memiliki beberapa kriteria diantaranya  efektif, efisiean, menarik, dan wajar. Buka aja rkan memenuhi kriteria tersebut jika isinya banyak diingat, butuh sedikit waktu untuk memahami isinya, menyenangkan dan membangkitkan minat untuk mengetahui lebih dalam isinya, mudah dipahami meski tanpa penjelasan dari dosen, dan hanya menyajikan teori yang  sudah mapan.

Berbagai tahapan pembuatan buku ajar dijelaskan dalam pelatihan ini.  Mulai dari perencanaan, penentuan topik dengan masing-masing bab, draft kasar, uji coba naskah melalui diskusi dengan kolega dan mahasiswa, perbaikan naskah, mencari penerbit,  hingga mencetak dan mendistribusikannya.

Sekitar 30 dosen Jurusan Akuntansi  FE penuh antusias mengikuti pelatihan  penyusunan  buku ajar  berbasis riset  di era new normal,  dengan menghadirkan pemateri anggota kehormatan  asosiasi prodi  PGMI se-Indonesia,  Dr. Muhammad Wahid.   Materi lain,   Orientasi Penyusunan Bahan Ajar di Era New Normal berbasis Riset dalam rangka pencapaian CPL dan pemenuhan IKU, dipaparkan oleh Ketua Jurusan Akuntansi  FE UIN Maliki Malang,  Dr. Hj. Nanik Wahyuni, SE., MSi., Ak., CA.. Dalam sambutannya mewakili Dekan FE, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Siswanto, MSi, menyampaikan  bahwa  pelatihan buku ajar punya tujuan dan manfaat strategis  bagi lembaga, dosen dan mahasiswa. Untuk Lembaga, dapat meningkatkan eksistensinya melalui  produk pengetahuan berupa buku ajar.  Bagi dosen,  akan punya media komunikasi dua arah dalam bentuk tulisan  yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di masa pandemi ini. Dan bagi mahasiswa, akan mendapat sumber pembelajaran bermutu sesuai tujuan studi.  Buku ajar juga dapat digunakan untuk kenaikan kepangkatan dan kinerja tambahan dosen. Sukses untuk FE UIN Malang. (us).