Sinergikan Program Kerja, UPM FE UIN Malang Benchmarking ke FEB Unair

Selasa, 16 November 2021, Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Ekonomi UIN Malang berangkat ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya dalam rangka melakukan benchmarking penjaminan mutu. Pada perjalanan tersebut tim Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi UIN Malang di damping oleh Wakil Dekan I Dr. Siswanto, M.Si dan Sekertaris Prodi Akuntansi Fadlil Abdani, MA.

Kedatangan tim disambut oleh segenap pimpinan FEB UNAIR yakni Dekan FEB UNAIR, Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak., Wakil Dekan I, Dr. Wisnu Wibowo., Wakil Dekan III, Dr. Ahmad Rizki Sridadi, Ketua Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FEB UNAIR, Prof. Dr. Anis Eliyana, SE., MSi., Sekertaris SPM FEB UNAIR, Fatin Fadhilah Hasib, SE., MSi., dan seluruh TIM SPM FEB UNAIR.

Dari hasil benchmarking tersebut UPM FE UIN Malang mempelajari program kerja yang disusun oleh tim Satuan Penjaminan Mutu FEB UNair. Adapun Program kerja yang dilakukan oleh satuan penjaminan mutu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga diantaranya persiapan dan pemantauan Akreditasi, repository data, tracer study, Evaluasi Pembelajaran, PTPP (Permintaan tindakan perbaikan dan pencegahan), IPEPA (instrument pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi).

Pada pendampingan SPM memiliki kewajiban dalam memenuhi kebutuhan data dan kesesuaian pengnisian instrument akreditasi. Secara praktis SPM mengawal sebanyak 13 Prodi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Airlangga. SPM juga secara akif menyediakan data yang dibutuhkan prodi untuk akreditasi

SPM FEB Unair juga merumuskan Repository data (Pangkalan data) yang bertujuan untuk mengumpulkan semua data yang ada sebagai pemenuhan kebutuhan administrasi, baik untuk data dosen, tendik dsb dijadikan disatu di repository data agar semua orang dapat mengakses. Data yang di upload harus diseleksi dan valid data, karena data digunakan secara terus menerus. Dengan begitu, Data yang dikelola secara mandiri diluar pangkalan data SPM FEB Unair dianggap tidak sah dan tidak valid. Pihak FEB UNAIR menginginkan kerja sama dalam rangka mensinergiskan antara progam MBKM di antar lingkungan perguruan tinggi termasuk denga Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim. Hal ini dipandang cukup positif karena akan terjalin kegiatan antara dua perguruan tinggi.