Selenggarakan Workshop, FE UIN Malang Siap Terapkan MBKM

Barianto Nurasri Sudarmawan, M.E., selaku moderator bersama Wisnu Satria Bharata, serta Dr. Zaenal Fanani, M.SA., AK., CA., ACPA pada Workshop MBKM Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Barianto Nurasri Sudarmawan, M.E., selaku moderator bersama Wisnu Satria Bharata, serta Dr. Zaenal Fanani, M.SA., AK., CA., ACPA pada Workshop MBKM Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Selanjutnya, untuk mendukung program pemerintah tersebut, Fakultas Ekonomi UIN Malang menyelenggarakan workhsop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengundang Dr. Zaenal Fanani, M.SA., AK., CA., ACPA. Beliau adalah dosen senior Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dan juga konsultan professional. “Kurikulum memegang kedudukan kunci suatu lembaga pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi, dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualitas lulusan suatu lembaga” paparnya. Oleh karena itu panduan kurikulum Merdeka Belajar menjadi sangat penting karena akan membimbing praktisi penyusun kurikulum di tingkat program studi untuk merancang dokumen kurikulum. Berawal dari dokumen kurikulum inilah kualitas suatu program studi, fakultas, dan kualitas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Materi berikutnya disampaikan oleh Muhammad Ilsyar Ridwan, S.E. dari Muamalat Intitute. Materi disampaikan secara daring melalui Zoom Meeting. Muhammad Ilsyar menjelaskan bahwa mahasiswa selain mendapat sertifikat pendamping ijazah, piagam dan yang lebih menarik adalaha mahasiswa dapat magang di Bank Muamalat.

Selanjutnya untuk mendukung Program MBKM Fakultas Ekonomi menjalin kerjasama dengan Muamalat Institute. Wisnu Satria Bharata Branch Manager Bank Muamalat Cabang Malang selaku perwakilan dari Bank Muamalat untuk melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Muamalat Institute.