Ramadhan 1443 H: Tingkatkan Mental Spiritual untuk Moderasi Beragama

Hadirnya Bulan Ramadhan sangat dinantikan kalangan kaum Muslimin khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang dikenal dengan masyarakat yang religius. Ramadhan merupakan momen penting untuk memupuk rasa toleransi dalam kehidupan berbangsa dan beragama. Momen Ramadhan tahun ini dimanfaatkan dengan baik oleh civitas Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan menyelenggarakan pemantapan moderasi beragama melalui peningkatan mental spiritual pada Rabu (13/04). Dalam kesempatan tersebut Dekan Fakultas Ekonomi menghadirkan Ketua PWNU Jawa Timur, Drs. KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag. sebagai pembicara.

Di hadapan hadirin civitas Fakultas Ekonomi yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan, Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim, Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M.EI. mengungkapkan pentingnya peningkatan mental spiritual dalam rangka moderasi beragama. “Kita di sini sering mengkaji bidang ekonomi, manajemen, akuntansi, namun kali ini kita coba mengkaji hal yang berkaitan dengan spiritualitas kita, karena sesuai dengan motto kampus kita, kedalaman spiritual” ungkap Dekan FE UIN Malang itu dalam sambutannya.

Selanjutnya KH. Marzuqi menyampaikan bahwa pembahasan mengenai moderasi beragama, merupakan kajian yang luas dan mendalam. “Tidak cukup sekali pertemuan untuk mengkaji dan menerapkan bagaimana moderasi dalam beragama” tutur Ketua PWNU Jawa Timur tersebut. Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang pentingnya bersikap di tengah keberagaman masyarakat. Beliau berpesan untuk tidak mudah menyalahkan pendapat orang lain, karena bisa jadi dikarenakan ketidaktahuan menjadikan seseorang untuk mudah menyalahkan.

Digelar di lobby lt. 1, turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi. Acara diakhiri dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah.