Prodi Perbankan Syariah Selenggarakan Kuliah Tamu

Rabu (16/03), Program studi Perbankan Syariah menyelenggarakan kuliah tamu bagi para mahasiswanya. Dengan wawasan yang didapatkan dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa Perbankan Syariah dapat menyiapkan diri terjun di dunia kerja. Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M.EI. dalam sambutannya sangat berharap SDM di dunia perbankan syariah nantinya bisa diisi oleh lulusan Perbankan Syariah. Lebih lanjut Misbahul Munir menyampaikan bahwa kuliah tamu ini sebagai salah satu media edukasi dalam rangka mengedukasi mahasiswa berdasarkan informasi kebutuhan kerja industri.

Dan diharapkan nantinya dengan materi dalam kuliah tamu ini mampu diimplementasikan oleh dosen dan mahasiswa untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja. “Kompetensi apa saja yang dibutuhkan sudah mulai dipersiapkan mahasiswa mulai sejak dini baik hard skill maupun soft skill” terangnya.

Dalam kuliah tamu yang bertajuk How to Create a Bright Future in the Workplace ini, program studi Perbankan Syariah menghadirkan praktisi sekaligus akademisi dalam perbankan syariah, Luthfi Abdillah, S.E., C.FP., M.M. Dalam materinya, Direktur Bank Panin Dubai Syariah Malang itu menyampaikan pentingnya skill yang dimiliki oleh seorang yang akan memasuki dunia kerja, baik soft skill maupun hard skill. “Salah satu contoh soft skill yakni kemampuan berkomunikasi, kejujuran, kemampuan bekerja sama, kemampuan interpersonal, dll. Dan contoh dari hard skill adalah daya analitik, kemampuan komputasi, dan indeks prestasi. Salah satu cara memiliki soft skill adalah dengan mengikuti training, aktif organisasi, mentoring, learning by doing” urainya.