Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Achmad Sani Supriyanto, M.Si.

Dosen Perbankan Syariah FE UIN Malang, Prof. Dr. Ahmad Sani Supriyanto, M.Si, berhasil mencapai karir puncaknya di UIN Maliki Malang. Ia berhasil dikukuhkan sebagai guru besar dalam rapat senat, dengan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Implementasi Kepemimpinan Guna Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi dengan Pendekatan Teori Managerial Grid dan Politikal Skill. “Substansi orasi merupakan bagian dari perjalanan dan rangkaian penelitian yang telah dilakukan baik secara mandiri, rekan staf pengajar, kolega, dan mahasiswanya” kata Prof. Sani dalam pidatonya (Kamis, 27/8/20).

Menurut Prof. Sani, gaya kepemimpinan managerial grid dan political skill akan mampu meningkatkan kinerja bawahan yang secara langsung maupun tidak akan berdampak pada kinerja organisasi guna mencapai tujuan yang diinginkan. Pimpinan perguruan tinggi yang mampu menerapkan managerial grid dan political skill yang baik, diyakini akan mampu memotivasi civitas akademika untuk membawa perguruan tinggi mencapai cita-citanya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (world class university). Pemimpin seperti ini memiliki ciri mampu membuat kesan yang baik, mampu mengerahkan potensi interpersonal pada orang lain, mempunyai kecerdasan sosial, memiliki kemampuan networking, keterbukaan, dan jujur. Isi pidato pengukuhan Prof. Sani sangat relevan dengan tuntutan perguruan tinggi di Indonesia untuk bersaing di kelas dunia.

“Pengukuhan dua guru besar, Prof. Tutik dan Prof. Sani, masing-masing dengan spesifikasi keilmuan yang berbeda, fikih dan manajemen, menunjukkan UIN Maliki Malang mampu mencetak sumberdaya yang memiliki integrasi keislaman sangat kuat. Ini dibuktikan dengan pengukuhan dua guru besar saat ini, kata Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abd. Haris, MAg.

“Prof. Sani layak diberi gelar tambahan spesialis Scopus, dalam waktu beberapa bulan lebih dari 10 jurnal internasional terpublikasi pada jurnal scopus”, kata Dekan FE UIN Malang, Dr. Nur Asnawi, M.Ag., saat membaca biografi wakilnya di Bidang Kemahasiswaa, Alumni, dan Kerjasama, Prof. Achmad Sani Supriyanto, MSi. UIN Malang kini bertabur guru besar. Sukses selalu untuk FE UIN Malang.(us).