Lebih Dekat dengan Prof Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag.

Muhtadi Ridwan saat peresmian Tax Center (29 November 2012), Dekan FE dan Dirjen Pajak Kanwil Jatim.

Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag. telah dikukuhkan sebagai guru besar bidang  Ilmu Ekonomi Syariah di UIN Maliki Malang pekan kemarin. “Banyak peran beliau dalam mengembangkan UIN Maliki Malang pada tingkat fakultas maupun Universitas. Kiprah ketua senat ini tidak banyak diketahui, khususnya bagi civitas akademika yang baru bergabung dengan UIN Maliki Malang, apalagi bagi mahasiswa baru” kata Dekan FE UIN Maliki Malang, Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag. dalam pembacaan biografi Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag. dalam Rapat Senat Pengukuhan Guru Besar di UIN Maliki Malang (Rabu, 12/8/20). 

Di tingkat Fakultas, Prof Muhtadi Ridwan berinisiatif membuat beberapa laboratorium yang saat ini dirasakan keberadaannya oleh mahasiswa, karyawan maupun dosen. Ia membuat Laboratorium Mini Bank bekerjasama dengan BTN Syariah, Laboratorium Islamic Finance el-Dinar bekerjasama dengan BMT al-Kamil Malang, Laboratorium Tax Center, dan Laboratorium Pasar Modal yang saat ini berkembang pesat dan menjadi Pojok Bursa Efek  bekerjasama dengan PT. BEI dan Danareksa.

Laboratorium Mini Bank saat ini digunakan sebagai tempat praktik mahasiswa untuk mengimplementasikan proses yang serupa dengan mekanisme kerja di dunia perbankan. Laboratorium el-Dinar sebagai tempat praktik pengelolaan pembiayaan dengan prinsip Syariah bagi mahasiswa.  Laboratorium Tax Center memfasilitasi pelaporan SPT Tahunan bagi dosen dan karyawan UIN Maliki Malang. Sedangkan Laboratorium Pojok Bursa Efek berfungsi sebagai tempat praktik dan penelitian investasi pasar modal syariah bagi mahasiswa UIN Malang dan perguruan tinggi lain di Kota Malang.

Nasabah pertama BTN Syariah saat launching payment point BTN IB-UIN dan Microfinance Syariah el-Dinar, penandatanganan MoU (24 Nopember 2011), Rektor UIN Malang, Prof. Imam Suprayogo, dan Dekan FE UIN Malang, Dr. HA. Muhtadi Ridwan, M.Ag.

Di tingkat Universitas, Prof. Muhtadi Ridwan berinisiatif untuk membuka Jurusan Syari’ah dengan dua program studi, yaitu Akhwal al-Syakhshiyah dan Muamalah dengan konsentrasi ekonomi Islam yang saat ini menjadi Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ekonomi. Ia juga berinisiatif untuk membuat program kajian dan praktik pengelolaan zakat dalam bentuk Lembaga “LAGZIS” kerjasama dengan Lagzis Universitas Brawijaya,  yang saat ini berkembang menjadi el-Zawa.  Ia juga berinisiatif membuat program tahfidz al-Qur’an dalam bentuk lembaga “Jam’iyah Qurra’ wal Huffadh/JQH” , saat ini menjadi Haiat Tahfidh al-Qur’an (HTQ) yang telah berhasil mencetak ratusan pengafal al-Quran.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. Abd. Haris. M.Ag, memiliki peranan sangat besar dalam mendorong dosen terbaik di UIN Maliki Malang untuk mencapai prestasi puncak sebagai Guru Besar. Ini tidak terlepas dari program Rektor sebagai upaya pengembangan dan penguatan kelembagaan UIN Maliki Malang baik di tingkat nasional maupun internasional. Selamat dan sukses atas capaian prestasi Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., inisiasinya akan menjadi teladan dan inspirator dalam mengembangkan UIN Maliki Malang (us).