Implementasi Merdeka Belajar
Kini Mahasiswa FE UIN Malang Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Dalam rangka untuk mendukung implementasi Program Merdeka Belajar dan meningkatkan publikasi mahasiswa di jurnal ilmiah, Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan inisiasi untuk afirmasi publikasi ilmiah sebagai pengganti penulisan dan/atau ujian Tugas Akhir (Skripsi). Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Dekan Fakultas Ekonomi Nomor : 041/F.Ek/PP.00.9/01/2022 tertanggal 03 Januari 2022. Dengan adanya Surat Edaran tersebut, mahasiswa mempunyai pilihan dalam menyelesaikan studinya; dengan Tugas Akhir atau tanpa Tugas Akhir (Skripsi), dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa bisa menyelesaikan studi tanpa penulisan dan ujian Tugas Akhir (Skripsi) ketika berhasil publikasi pada jurnal nasional terakreditasi sinta 2 (dua) atau jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama bersama dosen pendamping sebelum mengajukan outline skripsi, dengan persetujuan Ketua Program Studi, dan mencantumkan institusi (Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
  2. Mahasiswa yang sedang proses laporan tugas akhir dapat memilih untuk tetap melanjutkan skripsinya atau merubah menjadi artikel jurnal ilmiah. Mahasiswa yang ingin merubah skripsinya menjadi artikel jurnal ilmiah harus melaporkan dan disetujui oleh dosen pembimbing skripsi.
  3. Mahasiswa bisa menyelesaikan studi tanpa ujian Tugas Akhir (Skripsi) ketika berhasil publikasi pada jurnal nasional terakreditasi minimal sinta 5 (lima) atau jurnal internasional sebagai penulis pertama bersama dosen pembimbing dengan persetujuan Ketua Program Studi, dan mencantumkan institusi (Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).
  4. Mahasiswa yang berhasil publikasi pada jurnal nasional terakreditasi sinta 6 (enam) tetap melakukan ujian akhir (skripsi) dan akan dilakukan afirmasi dalam penilaian ujian skripsi (maksimal 15)
  5. Sistem penilaian afirmasi artikel jurnal ilmiah sebagai pengganti penulisan atau ujian tugas akhir (skripsi) akan ditentukan oleh Program Studi.

Selain itu, Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan mengadakan pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah bagi mahasiswa serta mengalokasikan anggaran untuk biaya pengganti submit jurnal dengan ketentuan yang diatur kemudian.

dapat dibuka disini