FE UIN Malang Sandang Rekor Publikasi Ilmiah Tertinggi di UIN Malang

Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan prestasi pembelajaran mahasisiwa FE UIN Malang.  Ekspektasi prestasi mahasiswa dapat dilihat dari hasil kelulusan dan output hasil penelitian. Wisudawan istimewa berhasil dicapai saat Wisuda Semester Ganjil 2022/2023 dengan raihan prestasi 73% wisudawan memperoleh nilai predikat cumlaude. Output penelitian mahasiswapun layak mendapat   apresiasi. Penelitian mahasiswa berhasil terpublikasi pada jurnal nasional dan internasional. Sebanyak  140 penelitian mahasiswa (68 dari mahasiswa Manajemen, 36 dari Akuntansi, dan 36 dari Perbankan Syariah) dapat terpublish di jurnal sinta (Sinta 1-6) dan 11 jurnal internasional (6 dari mahasiswa  Manajemen dan 5 dari Perbankan Syariah). Prestasi ini menjadi rekor publikasi mahasiswa terbanyak di UIN Malang. Tentunya akan memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi.

“FE sedang menggodok kebijakan afirmasi, agar semester mendatang jumlah penelitian mahasiswa yang terpublikasi di jurnal nasional maupun internasional semakin banyak. Ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi UIN Malang di kancah nasional maupun internasional” kata Dekan, Dr. H. Misbahul Munir, Lc., MEi.

“Kebijakan ke depan, supporting pendanaan jurnal bagi penelitian mahasiswa hanya diberikan pada jurnal sinta 1 sampai 4. Untuk publikasi penelitian mahasiswa pada jurnal sinta 5 dan 6 ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Upaya ini dilakukan agar kualitas penelitian mahasiswa semakin baik” kata Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Siswanto, SE., MM.

“Capaian  prestasi  penelitian mahasiswa tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak pada masing-masing prodi, dosen pembimbing dan mahasiswa, dengan didukung fasilitas dan sarana pendukung yang ada di FE UIN Malang. Harapannya, prestasi ini tidak hanya bertahan tetapi dapat ditingkatkan secara kuantitas maupun kualitas” kata Wadek Bidang Kemahasiswaan, Dr. Indah Yuliana, SE., MM. Sukses reputasi FE UIN Malang (us).