FE UIN Malang Jalin Kerjasama dengan KNEKS

Jakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (FE UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan audensi ke Kantor Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/21). Turut hadir  Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M. EI, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Indah Yuliana, MM dan Peneliti FE UIN Malang, Fery Dwi Riyanto, ME. Sedangkan dari pihak KNEKS hadir Dr. Sutan Emir Hidayat, MBA Direktur Infrastruktur Ekosistem Ekonomi Syariah. Acara ini dilakukan sekaligus penandatanganan MoU dan PKS antara KNEKS dan FE UIN Malang.

Kerjasama antara Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan KNEKS akan fokus pada peningkatan kualitas SDM dan penelitian di bidang ekonomi syariah. Peningkatan kualitas SDM tidak hanya dari sisi dosen tetapi juga dari mahasiswa, mengingat FE UIN Malang memiliki program studi di bidang ekonomi syariah dari tingkat sarjana sampai doktor. Menurut Dekan FE UIN Malang Dr. H. Misbahul Munir, Lc., M. EI, kerjasama ini penting dilakukan karena baik FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun KNEKS memiliki misi yang sama, yaitu pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, baik secara akademik maupun kelembagaan sehingga gerakan pengembangan ekonomi syariah akan semakin massif di Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Mengawali bentuk kerjasama, tahun 2022 nanti FE UIN Malang akan ditunjuk oleh KNEKS sebagai tuan rumah Trainning of Trainer (ToT) mengenai sosialisasi kurikulum baru ekonomi syariah bagi dosen-dosen pengampu mata kuliah ekonomi syariah di universitas se Jawa Timur. Kegiatan ToT tersebut dimaksudkan untuk penguatan sekaligus penyeragaman kurikulum mata kuliah ekonomi syariah yang selama ini diterapkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia baik dari segi konten maupun metode pengajarannya. Selain itu, KNEKS juga menawarkan kerjasama di bidang penelitian kolaboratif, penyelenggaraan Seminar Nasional dan Internasional, program magang untuk mahasiswa serta program link and match dengan industri keuangan syariah di Indonesia. “Dengan adanya kerjasama ini, kami sangat terbantu bersama-sama membangun ekosistem ekonomi syariah di Indonesia, apalagi berkolaborasi dengan Universitas besar dan bereputasi seperti UIN Malang,” pungkas Emir.