Webinar Nasional dengan Wapres

Webinar dengan jumlah peserta terbesar pecah rekor di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.  Webinar yang diinisiasi oleh pucuk pimpinan UIN, Prof. Dr. Abd. Haris MAg,   menghadirkan Wapres RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amien, sebagai pembicara.  Webinar dihadiri oleh pimpinan PTKIN seluruh Indonesia, IAEI, MES, berbagai PTN ternama di Indonesia, dan peserta dari luar negeri terlihat hadir (Malaysia, Thailand, dan lain-lain).  Peserta dalam webinar ini hampir mencapai 1000 orang.   Dan menjadi webinar pertama Wapres bersama  PTN di masa pandemi dengan jumlah peserta terbanyak. “Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah menuju New Normal Life” menjadi tema webinar nasional, yang dibuka oleh Rektor UIN Malang dengan dipandu host  Dr. H. Nur. Asnawi, MAg   (Kamis, 4/6/20).

Dalam sambutan pembuka, rektor UIN Malang mengharap arahan dan petunjuk kepada Wapres untuk mengembangkan ekonomi syariah khususnya di PT dan Indonesia umumnya.  Dalam sambutannya,  Wapres berharap agar semua menggelorakan serta mempromosikan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia agar terus berkembang,  dan mencapai potensinya terutama dalam memasuki tatanan baru paska pandemi Covid-19.

Diakhir sesi, berbagai pertanyaan penting muncul.  Dekan FE UIN, Dr. H.Nur Asnawi, Mag,  meminta agar pihak terkait (termasuk ketua KNKS) untuk segera merespon usulan pembentukan prodi S3 Ekonomi Syariah UIN Malang yang telah diusulkan sebelumnya, ini untuk kepentingan pengembangan ekonomi Islam  yang lebih besar, sebagaimana permintaan Wapres yang disebutkan dalam ceramahnya.  Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan  dengan keberadaan S3 Ekonomi Syariah di UIN Malang, untuk berpartisipasi dan menggerakan ekonomi syariah di Indonesia.  Serifikasi halal, harmonisasi antara industri keuangan syariah dengan  lembaga peradilan, serta antara fatwa DSN dengan kompilasi hukum ekonomi syariah sempat ditanyakan dalam seminar webinar ini. Staff wakil kepresidenan, Prof. Masykuri Abdillah, memberikan penghargaan yang luar biasa pada UIN Malang atas inisiatifnya untuk  mengadakan webinar dengan pembicara Wapres.  Menurutnya, Wapres bangga dengan webinar yang menjadi motivasi bagi seluruh pimpinan Perguruan Tinggi di Indonesia untuk mengadakan kegiatan serupa yang dilakukan oleh UIN Malang.  Berbagai pertanyaan dalam webinar  akan disampaikan kepada pihak terkait, termasuk Wapres sebagai Ketua Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Indonesia. Sukses untuk UIN Malang (us).