Workshop Menuju Jurnal Bereputasi

Jurnal ilmiah yang berkualitas tinggi dan bereputasi dapat diketahui melalui akreditasi atau indeksasinya. Jurnal yang tidak terindek bisa diindikasikan kurang baik kualitasnya. Jurnal yang baik akan banyak diakses oleh masyarakat luas melaui open journal system (OJS) khususnya dalam dunia publikasi ilmiah. Agar hasil penelitian dapat dipublikasikan dalam jurnal bereputasi, Unit Penelitian dan Publikasi FE UIN Malang dan Jurnal el-Muhasaba mengadakan workshop manajemen publikasi penelitian bagi mahasiswa dan dosen di Meeting Room lt 1 FE UIN Malang (Rabu, 6/3).

Dalam kegiatan workshop, dibahas bagaimana strategi penelitian mahasiswa dapat dipublikasikan pada jurnal yang bereputasi, melalui OJS. Nama jurnal, akreditasi jurnal, manajemen pengelolaan jurnal mulai dari dukungan IT bagi pengelola jurnal, editor, kontributor, dan teknis pengiriman artikel/jurnal melalui OJS agar dapat terekam di web, akan memudahkan penilaian assesor melalui rekam jejak digitalnya.

Disamping itu, teknik penyimpanan ratusan dokumen penelitian dengan aplikasi yang dapat diakses setiap saat dan aman melalui repository institusi, SINTA, serta identifikasi plagiasi dijelaskan dalam workshop tersebut. Workshop jurnal menghadirkan pemateri Faizzuddin H, MIM. Kepala Pusat Perpustakaan UIN Maliki Malang dan Afwan Hariri, dari jurnal Ekobis UM.

Harapannya, penelitian mahasiswa dan dosen dapat terpublikasi pada jurnal yang berkualitas. Selamat dan sukses bagi FE, menuju kampus bereputasi (us).