Universitas Khairun Studi Banding ke Laboratorium Mini Bank

Tim dari Universitas Khairun bersama Penanggung Jawab Laboratorium Mini Bank Fakultas Ekonomi UIN Malang.

Universitas Khairun Ternate Maluku Utara melakukan studi banding ke Laboratorium Mini Bank Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang. Universitas yang berdiri pada 1964 dan menjadi perguruan tinggi negeri pada 17 Maret 2004 ini memiliki arah sebagai research based university. Berbagai langkah dan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi terus dilakukan. Termasuk studi banding proses pembelajaran dalam perbankan (Jumat, 25/1).

Studi banding kali ini lebih fokus pada sistem manajemen dalam melayani nasabah, office, dan supervisi melalui Laboratorium Mini Bank. Laboratorium Mini Bank Fakultas Ekonomi UIN Malang sudah memiliki konsep terintegrasi mulai dari software, office, pelayanan, administrasi, dan supervisi pada nasabah.

Penanganan nasabah perbankan tidak hanya disampaikan dalam perkuliahan. Praktek melalui transaksi riil dilakukan didukung keberadaan Laboratorium Mini Bank. Integrasi sistem layanan nasabah Laboratorium Mini Bank Fakultas Ekonomi UIN Malang sudah bekerjasama dengan BRI Syariah. Mahasiswa akan memiliki kemampuan dalam teori dan praktek sebagaimana melayani nasabah pada perbankan syariah umumnya.

“Inilah yang mendasari studi banding pengelolaan Laboratorium Mini Bank di Fakultas Ekonomi UIN Malang”, kata Ikbal mewakili tim dari Universitas Khairun.

Berbagai kelangkapan laboratorium yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi UIN Malang di antaranya Laboratorium Statistik, Akuntansi, el-Dinar Finance House, dan Laboratorium Galeri Investasi Syariah. Berbagai fasilitas ini akan menguatkan sistem pembelajaran baik teori dan praktek [us].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *