Tingkatkan Publikasi Ilmiah, FE Selenggarakan Workshop Academic Writing

Prof. Julian Ming Sun Cheng dari National Central University Taiwan, di hadapan peserta workshop

Malang – FE UIN Malang menggelar Workshop penulisan artikel ilmiah bagi para dosen, dengan tema “Academic Writing Skills and Coaching Journal“ selama dua hari di Rumah Jurnal Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (23 dan 25 Juli). Dalam sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, Dr. Siswanto, M.M., menyampaikan bahwa “Workshop diselenggarakan sebagai upaya mendukung peningkatan kemampuan menulis dosen dalam meningkatan jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal bereputasi internasional” harapnya.

Workshop ini menghadirkan Guru Besar dari National Central University Taiwan yaitu Prof. Julian Ming Sung Cheng yang juga merupakan Editor pada Journal of Business and Industrial Marketing (Index SSCI) dan Amity Journal of Marketing. Workshop tersebut membahas  tata cara penulisan pada sebuah artikel ilmiah, mengenal Indeksasi Jurnal Internasional, struktur penulisan artikel ilmiah, tips & trik lolos publikasi jurnal internasional berindex SSCI dan Scopus, dan coaching jurnal secara face to face.

Menurutnya, Issue dan urgensitas sebuah penelitian sangat penting, agar sebuah artikel dapat lolos publikasi internasional.  Global issue dan kebaruan dalam artikel memegang kunci penting agak bisa publish. Penjelasan yang bersahabat dan bersemangat, membuat suasana workshop terasa hidup. Diskusi kecil kerap dilakukan dengan peserta. Harapannya setelah acara workshop ini para peserta mampu menulis artikel/jurnal ilmiah sesuai kaidah dan dapat publish dalam jurnal nasional/internasional (son/is/us).