Home » Berita » SPSS, Syarat Outline

SPSS, Syarat Outline

Seperti biasanya, pada setiap awal semester genap Laboratorium Statistik membuka pelatihan analisis data dengan menggunakan program SPSS. Program SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) banyak digunakan untuk analasis data statistik ilmu-ilmu sosial seperti peneliti pasar, perusahaan survey, pemerintah, pendidikan, organisasi pemasaran, peneliti kesehatan, dan lain-lain.

Analisis data statistik, manajemen data, dan dokumen data ini menggunakan software dasar program SPSS, sehingga mempermudah analisis data/statistik deskriptif, tabulasi, penelusuran data, rata-rata, anova, regresi, analisis vaktor, cluster, diskriminan, dan lain-lain.

Ada beberapa kelebihan dalam program ini diantaranya; mampu mengakses data dari berbagai format data, tampilan data yang informatif, mampu membaca data (missing data) secara tepat dan cepat, dan lain-lain.

Berbagai keterampilan yang akan dijelaskan dalam pelatihan SPSS diantaranya terkait langkah pengambilan data, entry data, analisis dan interpretasi data. Dalam pelatihan ini akan diberi contoh cara mengolah data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa akan mampu menganalisis data menggunakan regresi, analisis varian (ANAVA), ANAKOVA, analisis varian multivariate (MANOVA).

Peserta yang dinyatakan lulus dalam pelatihan akan diberi sertifikat, sebagai syarat wajib yang harus disertakan saat menyerahkan outline penelitian. Pelatihan SPSS dianggap cukup sebagai modal dasar untuk menganalisis data sederhana dalam penelitian kuantitatif. Meski, sebelumnya telah mendapat materi tersebut secara teoritis di kelas.

Peserta pelatihan SPSS berasal dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri dan swasta, di Malang. Banyaknya peminat memaksa pihak penyelenggara membatasi jumlah pendaftar. Keterbatasan fasilitas dan ruangan, disiasati dengan pembagian gelombang (I-V gelombang), yang masing-masing berjumlah 40 mahasiswa. Setelah kuota terpenuhi, pendaftar terpaksa mengikuti pelatihan SPSS pada tahun berikutnya. Pelatihan SPSS tiap gelombang dapat menyita waktu 12 jam (pagi sampai sore).

Adapun syarat mengikuti pelatihan tersebut minimal semester VI (telah menempuh mata kuliah Statistik 1 dan 2), mengisi formulir pendaftaran, foto 3×4 2 lembar, foto copy KTM dan transkrip nilai 1 lembar. Pendaftaran dapat dilakukan di Laboratorium Statistik lt 3 Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada jam kerja (08.00-15.00 WIB). Batas akhir pendaftaran 2 Maret 2018. Ayo buruan daftar!, atau tahun depan? (us).