Seminar internasional SDG

 

Seminar-call for papers internasional dengan tema the role of Businessa and Finance in Achieving the Sustainable Development Goals dihadiri 400-an peserta. Sekitar 92 peserta ikut serta dalam call for papers, menjadi jumlah terbesar seminar-call for papers bertaraf internasional di perguruan tinggi Jawa Timur. Peserta datang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sabagai key note speaker Muhammad Haseeb, Ph.D (Malaysia), Ben Roy Do, Ph.D (Taiwan), dan Prof. Djakfar (UIN Malang).(22/9).

Bekerja menjadi bagian dari ibadah, sarana kebaikan, bagian dari jihad dan perintah syari’ah, serta tanggungjawab sebagai khalifah. Materi ini disampaikan oleh Prof. Djakfar dengan topic revitalization and actualization of religious value to realize washatiyah economy civilized.

Menurut Muhammad Haseeb, sustainable development goals dalam pengembangan sumber daya manusia dapat diwujudkan melalui pendidikan dan ekonomi bebas riba. Mengkonsumsi makanan yang halal dan tayyib, optimalisasi peran zakat dan sadaqah, regulasi hukum atas dasar kesetaraan, menjaga lingkungan hidup, dan menghindari pemborosan energy menjadi bagian dari SDG. Semuanya didasarkan pada al-Quran dan al-Hadist.

The case of Taiwan business at the role of achieving the sustainable development goals (SDGs), menjadi topic yang diangkat oleh Ben Roy Do. Menurutnya, SDG dapat mengatasi tantangan global seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, iklim, kerusakan lingkungan, kemakmuran, perdamaian, dan keadilan. Harapanya, dapat tercapai pada 2030. Beberapa contoh perusahaan di Taiwan, telah melakukan proyek SDG.

Wakil Dekan Bidang Akademik FE UIN, Dr. Siswanto, MSi, menjelaskan pentingnya kerjasama pada level perguruan tinggi sehingga kegiatan akademik berskala internasional dapat berkesinambungan. Sedangkan Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Dr. A. Sani, MM, berharap akan ada tindak lanjut dari seminar ini, diantaranya kerjasama penelitian colaboratif dan jurnal ilmiah antar lembaga pendidikan. (us).