Home » Berita » Job Interview Bank Danamon Diserbu Ratusan Pelamar

Job Interview Bank Danamon Diserbu Ratusan Pelamar

Tidak seperti biasanya, pada pagi hari jam 07.00 Wib sudah berkumpul ratusan orang berpakaian rapi di sekitar Gedung C UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ternyata mereka sedang mengantri untuk mengikuti serangkaian tes baik tes psikologi maupun interview untuk diterima sebagai tenaga handal di Bank Danamon Area Jawa Timur. Hajatan ini adalah bentuk kerjasama antara Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerja sama dengan Bank Danamon Area Jawa Timur yang bertajuk Job Interview with Bank Danamon. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 28 September 2015, yang merupakan kelanjutan dari kegiatan Job Fair III”, Fakultas Ekonomi UIN Malang, yang telah dilaksanakan pada bulan Juni 2015 lalu. Acara kali ini diadakan di Gedung C Lantai III, mulai jam 08.00 sampai 18.30 Wib. Kegiatan kali ini dihadiri oleh kurang lebih 400 pelamar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri seperti UIN Malang, Universitas Brawijaya Malang, dan Universitas Negeri Malang (UM), maupun dari Perguruan Tinggi Swasta terkemuka seperti Universitas Muhammadiyah Malang, Ma Chung, Unmer, Unisma, bahkan ada yang datang dari Surabaya, Sidoarjo, Blitar, Kediri, Mojokerto, serta daerah lainnya di Jawa Timur. Mereka nampak antusias dan bersemangat untuk berkompetisi, hal ini terlihat dari wajah-wajah ceria penuh harap dan dapat sukses diterima di Bank Danamon.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III, Dr. H. Achmad Sani, SE, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting sebagai tanggung jawab institusi pendidikan yang bukan hanya mencetak para sarjana-sarjana yang terdidik saja setelah itu menganggur, akan tetapi juga dapat memberikan akses dan informasi kebutuhan tenaga kerja di berbagai instansi/perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang andal. Hal ini adalah bentuk nyata institusi pendidikan/perguruan tinggi untuk mengimplementasikan konsep link and match (saling membutuhkan) antara dunia kerja dengan para lulusan perguruan tinggi. Selama ini ada indikasi bahwa dunia usaha/perbankan kesulitan untuk mencari dan merekrut tenaga yang handal lulusan perguruan tinggi. Disisi lain para lulusan juga kesulitan untuk mendapatkan informasi dan formasi atau lowongan di berbagai perusahaan atau Perbankan. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2014, bahwa terdapat sekitar 400.000-an lulusan Perguruan Tinggi masih mencari kerja (nganggur). Dengan adanya kegiatan “Job Interview with Bank Danamon” yang dilakukan secara rutin oleh Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka minimal akan mampu secara signifikan mengurangi jumlah penggangguran terdidik, harapnya. Masih menurut beliau bahwa saat ini peminat untuk masuk di dunia perbankan baik bank syariah maupun konvensional masih cukup tinggi. Terbukti setiap kita mengadakan event “job fair” yang melibatkan perbankan, maka pelamarnya akan membludak. Dan terbukti hari ini ada sekitar empat ratusan pelamar bersaing memperebutkan lowongan (15 posisi) di Bank Danamon, urainya.

Putu Gede, SH, Heads Devision Human Resource Management Bank Danamon Area Jawa Timur, mengatakan bahwa kebutuhan akan tenaga kerja terampil di Bank Danamon setiap tahun sekitar 250 orang yang terdiri dari berbagai devisi. Kebutuhan sebanyak itu karena Bank Danamon sampai tahun 2020 gencar melakukan ekspansi dan pembukaan kantor cabang baru terutama di sektor mikro di berbagai daerah di Indonesia (khususnya Jawa Timur). Untuk memenuhi kebutuhan SDM yang handal, maka kegiatan “job interview” ini, akan secara rutin digelar dan alhamdulillah untuk wilayah Jawa Timur telah bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan yang telah berlangsung selama 4 kali ini selalu dibanjiri oleh pelamar yang masih baru lulus kuliah (fresh graduated). Harapan kedepan menurut Putu Gede, SH, banyak lulusan Fakultas Ekonomi Maulana Malik Ibrahim Malang yang selama ini menjadi tuan rumah job interview Bank Danamon, dapat lolos seleksi dan direkrut menjadi SDM andalan., amien. (san)

Upcoming Events

  1. Kuliah Tamu Jurusan Manajemen 2018

    October 31 @ 8:00 am - 12:00 pm