Home » Berita » Galeri Investasi Syariah UIN Diresmikan

Galeri Investasi Syariah UIN Diresmikan

Galeri investasi syariah UIN Malang akhirnya diresmikan.  Hadir dalam peresmian  galeri investasi syariah ini Rektor UIN Malang, OJK Malang, BEI Jakarta, Lembaga sekuritas Indopremier, MUI Malang, dan berbagai utusan dari perguruan tinggi di Malang.  Kerjasama tripartite  antara UIN Maliki Malang, BEI, dan PT. Indo Premier Sekuritas ditandatangani oleh Rector UIN Malang (Prof. Dr. H. Abdul Haris, MAg),  Direktur BEI Pusat, dan Direktur  PT. Indo Premier Sekuritas.  Sekitar 500 peserta dari berbagai kalangan  profesi dan akademisi, hadir dalam acara  peresmian  galeri investasi syariah di Gedung Rektorat lt 5 UIN Maliki Malang.  Kegiatan ini dikemas bersama seminar nasional dengan tema  “Perkembangan Pasar Modal Syariah di Era Digital” (kamis, 13/9).

Dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang menjelaskan  pentingnya mahasiswa untuk mempelajari investasi syariah yang telah difasilitasi oleh FE UIN melalui kerjasama tripartite.  Sedangkan  pimpinan OJK Malang,  Bp Widodo, menyampaikan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap  investasi  modal syariah.  Dunia akademisi diharapkan akan  membuka kebuntuan pengetahuan investasi modal syariah bagi masyarakat.

Pemateri  seminar berasal dari BEI (Kepala Pusat Informasi Go Publik  PT. BEI Jawa Timur, Dewi Sriana Prihantiani), PT.Indo Premier Sekuritas  (Head of Marketing Area 2 Retail Divisi PT. Indo Premier Sekuritas, Adhe Citra Widiatmoko),  MUI  Kota Malang (Dr. H. Chamzawi, MHi), dan  dari akademisi UIN Maliki Malang (Dr. H. Misbahul Munir, LC, MEi).

Berbagai keuntungan  memiliki  investasi  modal syariah adalah  bisa memiliki saham perusahaan yang biasa memproduksi barang/jasa yang kita gunakan dalam keseharian, jika perusahaan beruntung bisa menikmati hasil devidennya, dan apabila harga saham meningkat bisa dijual untuk mengambil untung.  Harga saham yang ditawarkan oleh perusaan sangat variatif, mulai dari harga  Rp 50,00 per lembar saham.  Investasi saham memang memiliki risiko kerugian dan keuntungan yang tinggi, oleh karena itu harus bisa meminimalisir risiko dengan cara mempelajarinya di galeri investasi syariah, jelas Dewi Sriana.  Untuk bisa melakukan transaksi pada investasi  saham syariah harus memiliki rekening  efek, yang akan difasilitasi oleh lembaga sekuritas Indopremier.

Pengguntingan pita sebagai bentuk peresmian galeri investasi  syariah, dilakukan secara bersamaan oleh BEI, Lembaga Sekuritas Indo Premier, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan MUI Kota Malang.  Dalam sambutan pembuka peresmian, Dekan FE UIN Maliki Malang, Dr. H. Nur Asnawi. MAg, menyampaikan kelengkapan laboratorium galeri investasi  syariah  bertujuan agar bisa menghasilkan lulusan yang professional, khususnya di bidang investasi saham syariah.  Selamat dan sukses buat FE UIN Maliki Malang. (us).