Home » Berita » FEB Ubhara Studi Banding ke FE

FEB Ubhara Studi Banding ke FE

Dosen Universitas Bhayangkara Surabaya (Ubhara) melakukan studi banding ke FE UIN Maliki Malang (Rabu/25/4/18). Limabelas dosen Ubhara dari berbagai disiplin ilmu ekonomi , penuh antusias mengikuti penjelasan Dekanat, Kaprodi , dan Kepala Unit di FE UIN. Studi banding ini dilakukan sebagai bentuk persiapan dan pemantapan telah dibukanya konsentrasi baru “ekonomi Islam” di kampus Ubhara, Surabaya.

Menurutnya, salah satu alasan yang menjadi pertimbangan dipilihnya FE UIN sebagai tujuan studi banding Ubahra adalah perkembangan laboratorium/unit FE UIN dinilai sangat dinamis. Seperti laboratorium el-Dinar, pasar modal, akuntansi, statistic, dan lain-lain. Delegasi menginginkan agar perkembangan laboratorium/unit yang dinilai cukup pesat ini dapat diadopsi oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Ubhara.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Dr. Siswanto MSi, menjelaskan keberadaan laboratorium/ unit sangat penting untuk membekali mahasiswa agar bisa mengintegrasikan teori yang diperoleh di kelas dengan praktik. Contohnya laboratorium el-Dinar, dijadikan wadah bagi mahasiswa dalam transaksi ekonomi rill, sebagai bentuk integrasi beberapa matakuliah dengan praktik. Seperti mata kuliah penganggaran, fiqih muamalah, ekonomi islam, entrepreneur, lembaga keuangan syariah, dan lain-lain. Demikian juga dengan laboratorium/unit yang lain, semuanya menggunakan konsep integrasi untuk mengimplementasikan pengetahuan antara teori yang diperoleh di kelas dan diaplikasikan dalam bentuk praktik riil.

Delegasi Ubhara selanjutnya mengunjungi unit yang ada. Mulai dari unit simpanan-pembiayaan el-Dinar, perpustakaan, statistik, akuntansi, pasar modal, dan tax center. Ada yang menarik bagi mereka, khususnya keterlibatan mahasiswa FE UIN sebagai asisten dalam mengelola unit/laboratorium. Mahasiswa tingkat atas berlatih membimbing adik tingkatnya pada unit yang ada di el-Dinar, pasar modal, statistik, dan akuntansi.

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, laboratorium/unit didesain agar mahasiswa bisa memanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, mahasiswa (asisten) diberi kepercayaan secara penuh dalam mengelola kegiatan di unitnya. Dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa salah satu slogan yang ditanamkan pada laboratorium el-Dinar, jelasnya. Selamat dan sukses terus untuk FE UIN (us).

Arsip