FE UIN Malang Mengabdi: Pendampingan 189 Koperasi

Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag. menyerahkan cindera mata kepada Kepala Dinas Koperasi Kota Batu, Eko Suharsono.

Praktik ekonomi syariah semakin diminati oleh masyarakat tanpa terkecuali  bagi kelembagaan, Koperasi. Kepala Dinas Koperasi Kota Batu, Eko Suharsono, berharap agar FE UIN Maliki Malang dapat mendampingi 189 koperasi yang ada di wilayah kerjanya agar menerapkan transaksi ekonomi syariah pada 2020. Harapan ini disampaikan saat penandatanganan kerjasama antara Kepala Dinas Koperasai Kota Batu dengan Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malang, Dr. Nur Asnawi, M.Ag., sekaligus tanda dimulainya pengabdian pada Koperasi di Kantor Dinas Koperasi Balai Among Tani Batu (Kamis, 31/10).

“Pembinaan koperasi dilakukan secara bertahap, untuk sementara hanya menangani 10 koperasi yang sudah pernah RAT, dan memiliki unit usaha bukan hanya simpan pinjam saja,” kata Ketua Unit Pengabdian Masyarakat FE UIN Malang, Zuraidah, M.SA.

Pendampingan koperasi dilakukan melalui pembinaan manajerial dan pemasaran produk, mendampingi persiapn RAT 2019 dalam pembuatan laporan keuangan, memahamkan konsep ekonomi syariah, dan pengembangan mental yang tangguh untuk mengembangkan usaha anggotanya.

Berbagai persoalan teknis sederhana hingga konsep manajerial menjadi garapan dalam pendampingan. Seperti, penyusunan laporan keuangan,  inovasi produk baru, membuat format surat perjanjian utang, penggunaan aplikasi Zahir dalam laporan keuangan, desain kemasan olahan Lidah Buaya,  membuat laporan RAT, penempatan tenaga admin koperasi, mempermudah pelaporan transaksi dan pelaporan keuangan, membuat SOP penerimaan anggota pembiayaan dan membuat struktur organisasi, pemisahan catatan simpan pinjam dan dengan transaksi toko, dan lain-lain. Setiap koperasi memiliki potensi dan persoalan yang berbeda, mulai aset gemuk Rp. 150 juta hingga cashflow negative. “Kami berharap kerjasama pertama kali dengan kampus ini akan berlanjut dengan melibatkan mahasiswa, seperti penempatan praktek kerja lapang dan penelitian, harap Ketua Dinas Koperasi Batu, Suharsono. Selamat, Dosen FE  Mengabdi Sukses (us).