FE Gelar Yudisium tahap II dan III

Yudisium Fakultas Ekonomi kali ini diikuti oleh 252 lulusan, sebagai syarat untuk wisuda kelulusan. Peserta yudisium ini merupakan gabungan dari peserta yudisium tahap 2 dan 3. Selepas acara yudisium dilanjutkan pembekalan materi dengan tema “Peran Wirausaha dalam Menopang Perekonomian Rakyat”, disampaikan oleh alumni FE UIN angkatan 2003, Muhammad Kholis. Prosesi Yudisium dilakukan di Kampus Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Kamis, 23/8).

Predikat calon wisudawan terbaik diraih oleh Siti Nur Choiriyah dari jurusan manajemen dengan IPK 3,93 dan masa studi delapan semester. Rata-rata IPK wisudawan adalah 3,51 meningkat dari nilai IPK yang ditargetkan 3,3. “Keberhasilan dan kesuksesan wisudawan tidak hanya ditentukan oleh besarnya nilai IPK, boleh jadi dikemudian hari akan muncul pengusaha dan politisi sukses yang saat kelulusannya memiliki nilai IPK yang tidak terlalu tinggi”, kata Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Siswanto, MSi dalam sambutan penyampaian laporan kelulusan wisudawan.

“Untuk menjadi orang sukses, ada tiga kunci yang harus dipengang oleh wisudawan. Membangun komunikasi atau nettworking dengan baik, membangun personal skill, dan harus dilakukan dengan sepenuh hati, meski santai tapi harus serius, kata Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. H. Nur Asnawi, MAg. dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dekan FE menyampaikan, lulusan wisudawan saat ini harus mampu bersaing dengan wisudawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam dunia kerja. Peluang untuk menjadi sukses lebih terbuka jika ia menjadi wirausahawan. Wirausahawan ini akan membuka kunci sukses yang tertutup oleh ketatnya persaiangan di dunia kerja.

Bukankah sepuluh dari pintu rizki, sembilan diantaranya adalah dari usaha/perdagangan?, tegasnya. Jika ia menjadi wirausahawan, maka tidak akan menambah jumlah pengangguran intelektual yang saat ini cukup besar, pada 2017 sekitar 7,04 juta lebih. Di samping itu, kewirausahaan akan memberikan kontribusi dalam membangun perekonomian masyarakat. Terbukti, sektor kewirausahaan memberikan kontribusi sebesar 65 % pada Produk Dometik Bruto (PDB), jelasnya.

Selamat dan sukses bagi peserta yudisium periode 2 dan 3 FE UIN Maliki Malang (us).