FE Adakan Workshop Online Research Skills

Kepala Pusat Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Faizuddin Harliansyah, MIM bersama Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Nur Asnawi, M.Ag.

Fakultas Ekonomi kembali menggelar Workshop Online Research Skills di Meeting Room lt. 1 (Rabu, 26/6). Workshop online research skill ini, diadakan sebagai sarana untuk mencapai rekognisi dan reputasi kelembagaan pada 2020. Berbagai materi disampaikan dalam acara ini, di antaranya: Zotero installation and settings, Building and developing research library, mengelola citation dan referencing styles dengan Zotero, panduan mengunggah karya dan publikasi ilmiah ke research repository, serta panduan penggunaan Turnitin. Semua materi tersebut terkait keharusan mempublikasi karya ilmiah secara online.

Dalam workshop disampaikan tentang pentingnya mengelola citation dan refrensi dengan Zotero. Diantaranya, untuk melacak atau menelusuri jejak awal mula suatu idea (gagasan), model, dan teori. Membangun jaringan, interkoneksi, keterkaitan, mata rantai suatu gagasan. untuk menunjukkan di mana posisi (pendapat/ide) seorang peneliti atau dosen. Menunjukkan validitas (keabsahan) argumen dan menyebarluaskan pengetahuan. Untuk memberikan penghargaan kepada penulis yang dikutip. Menghidari penjiplakan (plagiasi), menegakkan etika akademik, dan sebagai kriteria penilaian penelitian.

Sebagai pemateri workshop adalah Ketua Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Faizuddin Harliansyah, MIM. Jajaran Dekanat dan Dosen hadir dalam kegiatan ini. Acara dirangkai dengan pemotongan tumpeng, sebagai rasa syukur dapat bergabungnya 20 dosen baru di FE UIN Maliki Malang. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag., menjelaskan pentingnya menjaga sistem kerja yang baik, hingga rekognisi dan reputasi kelembagaan, khususnya Fakultas Ekonomi, dapat terwujud pada 2020. Sukses rekognisi dan reputasi untuk FE UIN Maliki Malang (us/son).