El-Dinar, Laboratorium Komplit Perbankan Syariah

El-Dinar Finance House memiliki aktifitas lengkap sebagaimana layaknya  perbankan syariah. Ada divisi funding, landing, jasa, operasional, dan baitul maal, yang masing-masing terdapat koordinator (CO) sebagai penanggungjawab kegiatan. Aktifitas ini didukung kelengkapan Laboratorium  Minibank, Laboratorium el-Dinar, dan Laboratorium Perbankan Syariah.   Mahasiswa konsentrasi entrepreneur dan keuangan Jurusan Perbankan Syariah dapat mengaplikasikan teorinya di el-Dinar Finance House.

Lab Minibank memfasilitasi mahasiswa dengan produk wadiah dan deposito.  Minibank juga memfasilitasi mahasiswa dalam pendanaan untuk usaha dengan sistem mudharabah, musyarakah, atau pinjaman (qard), hingga Rp 1.000.000 untuk selama 12 bulan. Tentunya melalui proses penilaian kelayakan sebagai mitra atau debitur. Layanan jasa penitipan barang konsumtif dengan sistem bagi hasil (konsinyasi), juga disiapkan oleh mart el-dinar.

Petugas jaga terjadwal secara bergilir pagi dan siang. Rapat anggota dan rapat kerja antar divisi dilakukan secara rutin. “Meski kegiatan terlihat sederhana, el-Dinar Finance House dapat mempraktikkan kegiatan perbankan syariah secara utuh mulai funding, landing, jasa, dan operasional sebagaimana dalam teori” kata ketua el-Dinar Finance House, Abdul Haris Ubaidillah, mahasiswa semester 5 Perbankan Syariah.

“Jurusan memfasilitasi kegiatan mahasiswa melalui kerjasama dengan berbagai lembaga, studi banding pada lembaga keuangan mikro kampus lain, mendatangkan pemateri dari perbankan syariah, dan lain-lain”, kata Ketua Jurusan Perbankan Syariah, Eko Suprayitno, Ph.D. (us)