Tuesday, August 21, 2018

Edukasi Pasar Modal di FE

Ada yang istimewa pada laboratorium pasar modal di FE UIN. Meski tergolong baru dibandingkan dengan laboratorium pasar modal kampus lainnya, laboratorium ini banyak dijadikan rujukan edukasi pasar modal bagi mahasiswa perguruan tinggi di Malang. Cukup beralasan, sebab sempat menjadi laboratorium pasar modal kampus terbaik nomer tiga nasional.

Kegiatan pelatihan pasar modal cukup dinamis. Setidaknya, dalam satu bulan minimal terdapat 3 sampai 4 kali pelatihan. Peserta pelatihan dibatasi maksimal 10 orang untuk setiap kelasnya. Supaya materi pelatihan dapat diserap peserta dengan baik. Dalam pelatihan ini, peserta akan dipandu bagaimana berinvestasi di bursa saham syariah, baik dalam bentuk offline maupun online.

Pelatihan edukasi pasar modal dilakukan selama dua hari. Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi dasar hingga praktek investasi. Materi pelatihan meliputi investasi di pasar modal Indonesia, instrumen investasi di pasar modal Indonesia, struktur pasar modal Indonesia, acuan kepemilikan sekuritas, mekanisme perdagangan saham. Semua materi ini tergolong level dasar. Sedangkan pada level berikutnya, peserta akan memperoleh materi pasar modal konvensional, pasar modal syariah, prinsip dasar analisa fundamental, dan prinsip dasar analisa teknikal.

Peserta datang dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Malang. Alasannya, meski laboratorium pasar modal FE UIN tergolong baru (kurang dari 6 tahun), aktifitasnya dinilai sangat dinamis. “Materi yang disampaikan mencakup pasar modal syariah yang tidak selalu ada di laboratorium pasar modal kampus lainnya. Di samping itu, pemateri berasal dari kelompok studi pasar modal (KSPM, Ahmad Alfian, dkk) dan asisten laboratorium Galeri pasar modal (Rio Septian Hidayatullah, dkk), yang masih mahasiswa. Sangat komunikatif. Pada pelatihan pasar modal di tempat lain, pemateri biasa diambil dari praktisi. Meski demikian, mereka memiliki kemampuan yang relatif sama” . Kata salah seorang peserta pelatihan edukasi pasar modal, Ryan.

“Dalam waktu dekat, akan dilakukan kerjasama antara Direktur PT. Indo Premier Securities. Tbk (IPOT), IDX/Bursa Efek Indonesia dengan UIN Maliki Malang terkait Galeri Investasi Syariah. Setelah kerjasama terealisasi, Laboratorium Pasar Modal FE UIN akan mengadakan “Sekolah Pasar Modal Syariah” bekerjasama dengan IPOT dan IDX/BEI” kata Ketua Laboratorium Pasar Modal, Moh. Nanang Choirudin, MM. Selamat dan sukses untuk Lab Pasar Modal FE UIN Malang. (us).