BI CORNER UIN TERBAIK

BI Corner UIN Malang mendapat kategori  “BI Corner terbaik  nasional” dari Bank Indonesia.  Demikian, disampaikan oleh Humas BI Malang Arief Budi di sela-sela seminar  Jurusan Perbankan Syariah S1 dengan tema “Spektrum Bank dan Kebanksentralan Tinjauan Praktisi dan Bank Indonesia”  di Auditorium Humaniora (Rabu, 29/3).  BI Corner UIN dibentuk atas kerjasama BI Malang dengan UIN Malang  setahun lalu, menempati  pojok lantai dasar Perpustakaan Pusat UIN Malang.  BI Corner menjadi program nasional Bank Indonesia (BI)  sebagai sarana untuk mendekatkan  dan sosialisasi berbagai program BI pada masyarakat.  BI Corner UIN Malang menyisihkan ribuan BI Corner yang ada.

“Keaktifan, kreatifitas, dan  konsistensi kegiatan menjadi pertimbangan  penilaian.  BI Corner UIN  memenuhi   criteria tersebut dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi BI Malang dan Jawa Timur” kata Humas BI Malang  Arief Budi.

BI Corner UIN memiliki program  kajian rutin “Kantin” setiap dua minggu sekali.  Kajian rutin dalam bentuk talkshaw  ini mengangkat berbagai tema  menarik, dengan menghadirkan  pembicara dari kalangan akademisi, praktisi, dan Bank Indonesia.  Seminar ekonomi Islam, lomba penulisan karya ilmiah, lomba membuat bisnis plan, dan lomba fotografi berskala nasional tidak lepas dari sentuhan BI Corner UIN Malang.  “Setelah program smart writer selesai, kami akan menghadirkan novelis buku ekonom Islam, Henry Tanjung, untuk membedah karyanya” kata ketua BI Corner UIN, Muhammad Ramadhani,  yang saat ini menginjak semester 6 di  Jurusan Perbankan  Syariah  S 1.

“Dalam waktu dekat, BI  bekerjasama  dengan  UIN Malang   akan mengadakan  Jambore BI Corner  nasional.  Kepercayaan ini sangat membanggakan dan cukup menantang untuk menyalurkan potensi energy  mahasiswa, khususnya  volunteer BI Corner UIN”,  kata Pembina BI Corner UIN, dosen FE UIN Malang.

Seminar dengan tema spectrum bank dan kebanksetralan  menghadirkan pembicara  Alif Septian,  alumni  Perbankan Syariah S1 yang hanya memiliki masa tunggu 2 minggu   untuk bisa bekerja di Bank CIMB Syariah. Bagaimana kiat cepat mendapat kerja menjadi materi utama.   Pembicara lainnya, Arief Budi dan Samsul Hadi  dari BI Cabang Malang,  mengulas fungsi BI dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).  Pengenalan dan penukaran uang baru menjadi rangkaian di dalamnya.  Seminar cukup serius namun terasa santai.  Sesekali  disertai tanya-jawab berhadiah doorprize.  Lirik lagu  merdu dari mahasiswa Perbankan Syariah,  menyelingi acara seminar.  Sahabat Pendamping dan volunteer BI Corner punya andil besar dalam mensukseskan kegiatan ini. (us)