Bakti Sosial DEMA FE Sebagai Pembelajaran dalam Mengabdi di Masyarakat

IMG20151024210927

DEMA FE-Tanggal 10 muharram merupakan salah satu hari yang istimewa dan penuh berkah bagi kaum muslim. Sehingga pada tanggal tersebut disunnahkan untuk berpuasa dan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Berkah tersebut juga ikut dirasakan oleh warga desa sumberkerto kecamatan pagak-malang. Pasalnya pada hari tersebut pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang memperingati hari 10 muharram dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu di desa yang terletak di malang selatan tersebut. Dalam kegiatannya pengurus DEMA-FE dengan menggandeng pihak desa, telah sukses membuat acara santunan tersebut menjadi sangat meriah. Acara yang dihadiri oleh perangkat desa, masyarakat dan civitas akademik fakultas ekonomi tersebut berlangsung di depan gedung balai desa sumberkerto yang merupakan gedung balaidesa baru dan telah diresmikan langsung oleh Bapak Rendra Kresna selaku Bupati malang pada siang hari itu.

Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Ir. Husen selaku Kepala Desa sumberkerto tersebut merupakan acara santunan pertama kalinya yang diselenggarakan dengan meriah oleh pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang di Desa tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beribu-ribu terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kepedulian dan perhatian lebih kepada warga sekitar, khususnya anak yatim di desa sumberkerto tersebut. kegiatan santunan ini merupakan wujud dari kepedulian mahasiswa fakultas ekonomi terhadap masyarakat disekitarnya, sehingga mahasiswa tidak melulu duduk dibangku perkuliahan saja, akan tetapi ada aksi nyata yang wujudkan dalam bentuk santunan dan aksi sosial lainnya.

Terdapat 30 anak yatim yang menjadi objek dari kegiatan santunan kali ini, yang mayoritas hidup dalam kondisi menengah kebawah. Bapak Dr. Achmad Sani Supriyanto, SE., M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama turut menyapa dan memberikan sambutanya, beliau menyampaikan bahwa agenda santunan ini merupakan agenda rutinitas tahunan dari teman-teman pengurus DEMA FE dan telah berjalan 3 tahun ini, dan akan terus ditingkatkan lagi guna menciptakan masyarakat yang sejahtera dan kemajuan bersama.

Kekhidmad’an acara lebih terasa sesaat setelah Bpk. KH. Syamsul Hadi, yang sekaligus merupakan Dosen di Perguruan Tinggi Islam di Malang menyampaikan tausiyah dan ceramah agama kepada masyarakat sekitar. Dalam ceramahnya beliau mengajak kepada masyakat untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan memperbanyak beramal kepada sesama. Acara ditutup dengan pagelaran seni pencak silat yang disuguhkan oleh karangtaruna desa sumberkerto yang menambah meriahnya acara tersebut. (dtd_fe)