Osjur D3 Perbankan Syariah di “PANIN BANK SYARIAH” Malang

Tidak seperti di Jurusan lainnya, Orientasi Jurusan (Osjur) Program Studi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang, tahun ini membuat suasana yang berbeda. Osjur yang diadakan pada hari sabtu, tanggal  5 September 2015, jam 08.00-14.00 wib ini, memang spesial.  Kalau tahun-tahun sebelumnya Osjur hanya dilakukan di sekitar Fakultas Ekonomi UIN Malang, maka tahun ini kegiatan Osjur bertempat di Kantor Bank Panin Syariah Malang. Konsep yang cukup kreatif ini menunjukkan bahwa adanya keseriusan Program Studi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan panitia untuk benar-benar menyiapkan para lulusan Program Studi D3 Perbankan Syariah menjadi “bankir” yang sesungguhnya, sesuai dengan harapan dunia kerja, terutama di perbankan syariah.

Menurut Ketua Program Studi D3 Perbankan Syariah, Irmayanti Hasan, ST, MM, konsep kegiatan Osjur mahasiswa baru tahun ini memang agak berbeda dengan tahun kemarin. Dimana dalam tahun ini kami telah menjalin kerjasama dengan Panin Bank Syariah Malang. Kerjasama ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa baru di Program Studi D3 Perbankan Syariah untuk dapat menggunakan fasilitas kantor Panin Bank Syariah Malang di Jalan MGR. Sugiopranoto Malang, untuk dijadikan area “around table” atau praktek kerja di perbankan syariah. Tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain adalah agar para mahasiswa baru bisa merasakan seakan-akan sebagai pegawai bank yang sesungguhnya. Selain itu juga akan memberikan aura yang positif merasakan menjadi pegawai Bank Panin Syariah Malang.

Masih menurut Irmayanti Hasan, ST, MM, kegiatan ini memang di setting agar membuat suasana yang lain dan menghindari kejenuhan. Beliau berterima kasih kepada Panin Bank Syariah Malang yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa baru Program Studi D3 Perbankan Syariah untuk dapat melakukan kegiatan Osjur sekaligus “around table” di Kantor Panin Bank Syariah Malang. Harapannya kegiatan berikutnya dapat juga dilaukan di bank-bank syariah lainnya di Malang Raya

Kepala Cabang Panin Bank Syariah Malang, Lutfi Abdillah, SE, merasa gembira atas kedatangan mahasiswa baru Program Studi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang, sebagai calon-calon pegawai handal perbankan syariah yang professional. Dalam pemaparannya beliau memberikan pandangan dan wawasan kepada mahasiswa baru untuk selalu optimis dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Apalagi kalian sudah sejak awal (mahasiswa baru) diperkenalkan oleh Jurusan kalian “atmosfir” perbankan syariah yang sesungguhnya, khususnya di Panin Bank Syariah Malang. Sangat jarang perguruan tinggi atau jurusan lainnya dalam setiap kegiatan Osjur melibatkan dunia kerja atau perbankan syariah, pungkasnya. Lebih lanjut beliau meyarankan kepada mahasiswa baru di Program Studi D3 Perbankan Syariah untuk tetap menjaga performance sebagai “pegawai bank syariah” yang benar-benar syariah. Pola komunikasi dan sikap mental harus dibangun sejak awal, karena akan menjadi kebiasan dan budaya dalam diri kita sendiri. Mental sebagai pemenang atau juara perlu ditumbuh kembangkan sejak dini, sehingga dikemudian hari akan benar-benar menjadi Sumber Daya Insani yang tangguh. Saya tunggu kalian lulus di  Program Studi D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang untuk bergabung menjadi tenaga handal di Panin Bank Syariah Malang, janjinya.

Sementara itu Wakil Dekan III Dr. H. Achmad Sani, SE, M.Si, yang membuka acara kegiatan Osjur Program Studi D3 Perbankan Syariah, sangat surprise atas kreativitas Jurusan maupun panitia Osjur dalam mengemas kegiatan tersebut. Kegiatan yang menggandeng Panin Bank Syariah Malang, adalah yang pertama kali dalam Osjur di Fakultas Ekonomi UIN Malang. Harapannya mahasiswa baru dapat benar-benar merasakan manfaat yang positif dengan kegiatan Osjur yang dilakukan di Kantor Panin Bank Syariah Malang. Kalau mahasiswa baru diperkenalkan secara dini aktivitas yang riil di perbankan syariah, maka setelah lulus  mindset dan pola pikir akan mudah memahami sebagai SDIyang kompeten di Bank Syariah.

Dalam kesempatan yang sama Dr. H. Achmad Sani, SE, M.Si telah berkomitmen dengan Pimpinan Cabang Panin Bank Syariah Malang Bapak Lutfi Abdillah, SE, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang untuk “Magang Kerja”. Magang Kerja yang dimaksud ini adalah mahasiswa semester akhir dapat mengikuti praktek kerja yang riil di Panin Bank Syariah Malang selama paling tidak 3 (tiga) bulan bekerja sebagai “pegawai di Panin Bank Syariah Malang”. Mereka akan mendapatkan insentif dan bonus, bahkan direkrut sebagai pegawai, bila mampu menunjukkan performance yang unggul. Dengan konsep tersebut, diharapkan para mahasiswa lulusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi  UIN Malang akan benar-benar siap menjadi tenaga ahli yang andal dan mempunyai kompetensi yang unggul dibidang perbankan syarah, yang selama ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan dunia usaha khususnya perbankan syariah. (san)