Osjur S1 Perbankan Syariah Penuh Dengan “Bagi-Bagi Hadiah”

Kegiatan Orientasi Jurusan (Osjur) S1 Pebankan Syariah Fakultas Ekonomi benar-benar lain dari kebiasaaan yang selama ini dilaksanakan. Kalau tahun kemarin Osjur dilakukan dengan pengenalan akademik dan permainan serta tugas mencatatat dari para nara-sumber, sehingga kelihatan menjemukan. Tapi untuk Osjur kali ini ada nuansa yang berbeda, dimana para mahasiswa baru banyak mendapatkan kejutan-kejutan berupa door prise/ hadiah dari nara sumber, yaitu Kepala Cabang Bank BRI Syariah Malang. Osjur yang dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 30 Agustus 2015, yang dihadiri oleh sekitar 91 mahasiswa baru berlangsung satu hari dari pagi jam 07.00 Wib sampai sore jam 16.00 Wib.
Acara osjur kali ini dibuka oleh sambutan Dekan Fakultas Ekonomi Dr. H. Salim Al Idrus, MM. M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengingatkan kepada para mahasiswa baru khususnya perbankan syariah untuk serius dalam menjalankan perkuliahan. Hal ini dikarenakan adanya surat edaran dari Kementrian Ristek dan Tinggi yang membatasi masa studi mahasiswa Strata 1. Dalam surat edaran tersebut masa studi maksimal strata 1 adalah sampai 10 semester atau 5 Tahun, lebih dari itu bisa di “DO”. Beliau juga mengingatkan bahwa masa 5 tahun adalah masa yang pendek, sehingga tidak ada waktu lagi untuk bermalas-malasan dalam menempuh perkuliahan di Fakultas Ekonomi.
Dalam Osjur tahun ini Jurusan S1 Perbankan Syariah, mengundang Kepala Cabang Bank BRI Syariah Malang. Datang dalam kesempatan ini adalah Kepala Cabangnya yaitu Bapak Agung Raharjo, SH, beserta ibu Tanti, SH, M.Kn dan tim untuk memberikan bekal bagi mahasiswa baru agar selalu mempunyai cita-cita yang jelas demi masa depan yang gemilang. Dalam pemaparannya Agung Raharjo, SH memberikan motivasi kepada mahasiswa baru, bahwa lulusan Perbankan Syariah di Perguruaan Tinggi Keagamaan semisal UIN Malang, sangat ditunggu kiprahnya dalam ikut serta menjaga dan membesarkan reputasi perbankan syariah di Indonesia. Masih menurut beliau kurang lebih setiap tahun kebutuhan akan pegawai (SDI- sumber daya insani) di berbagai Bank Syariah di Indonesia tidak kurang dari 11.000 (sebelas ribu) pegawai. Sementara itu yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi untuk bergabung di berbagai Bank Syariah tidak lebih dari 50%-60% saja. Karena itu untuk memenuhi kebutuhan “pasar” tenaga kerja tersebut, keberadaan para lulusan Perbankan Syariah UIN Malang begitu diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan bank syariah di Indonesia. Apalagi beliau percaya bahwa model pendidikan dan pengajaran di UIN Malang sangat sesuai dengan harapan dunia perbankan syariah. Model “pesantren” yang selama kurang lebih 1 tahun mahasiwa diharuskan tinggal di Ma’had untuk mempelajari bahasa Arab dan Inggris, Al-Qur’an dan Al-Hadits, serta kitab-kitab karya pemikiran dan Ilmuwan Islam terkemuka dan dipadukan dengan penguasaan kompetensi di bidang Ekonomi menjadi jaminan bahwa lulusan Ekonomi khususnya perbankan syariah, akan mampu berkontribusi dalam pengelolaan perbankan syariah yang baik. Harapan beliau lulusan Fakultas Ekonomi UIN Malang khususnya perbankan syariah ke depan mampu untuk mewarnai di berbagai bank syariah dan menjadi SDI andalan. Untuk itu proses pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi riil di dunia usaha (perbankan syariah). Konsep link and match paling tidak tercermin dalam kurikulum dan proses pembelajaran.
Selain memberikan materi di sekitar dunia perbankan syariah, maka tak lupa Bapak Agung Raharjo, SH memberikan banyak hadiah bagi para mahasiswa baru yang mengajukan pertanyaan. Antusiasme mahasiswa baru untuk bertanya sedemikian tinggi Tercatat ada sekitar 15 mahasiswa baru yang beruntung untuk bertanya dan berhak mendapatkan berbagai macam hadiah/door prise, berupa baku, pulpen, tas dll. Selain itu terdapat 3 orang mahasiswa baru yang juga mampu menjawab pertanyaan dari nara sumber mendapatkan hadiah tabungan Bank BRI Syariah yang masing-masing bernilai Rp 150.000,-. Sedangkan untuk para dosen, dan panitia juga disediakan souvenir cantik berupa payung, bloke note, ballpoint dan cangkir cantik.
Sementara itu Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi UIN Malang Bapak Dr. H. Achmad Sani, SE, M.Si, yang juga hadir dalam kegaitan tersebut mengatakan bahwa baru kali ini nara sumber dalam kegiatan Osjur membagi-bagikan banyak hadiah atau door prise, baik berupa barang maupun uang kepada mahasiswa baru, maupun para dosen, dan panitia. Selain membagikan hadiah Pak Agung juga menawarkan kerjasama bagi mahasiswa perbankan syariah yang berminat untuk magang kerja di BRI Syariah Malang. Model magang kerja ini adalah upaya nyata Bank BRI syariah untuk mendidik mahasiswa bagaimana praktek kerja sesungguhnya di bank syariah. Disisi lain, diharapkan hasil magang ini mahasiswa atau lulusan perbankan syariah Fakultas Ekonomi UIN Malang mempunyai bekal kompetensi dan skill yang memadai, yang memudahkan perbankan syariah untuk mendapatkan tenaga-tenaga SDI yang handal, siap kerja serta memlilki komitmen kerja yang tinggi. Masih menurut Dr H. Achmad Sani, SE, M.Si, model seperti ini akan memberikan nuansa yang lebih praktis kepada mahasiswa untuk dapat melihat dunia kerja yang riil. Diharapkan setelah kegiatan magang tersebut lulusan perbankan syariah akan mudah untuk bekerja di berbagai bank syariah di tanah air, harapnya. (san)