Profil Jurusan Akuntansi

Print
Written by Admin

Jurusan/program studi akuntansi dibawah koordinasi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) dalam merumuskan visi dan misi dikembangkan dan disesuaikan dengan visi dan misi Fakultas Ekonomi, sedangkan visi dan misi Fakultas Ekonomi merujuk pada visi dan misi UIN Maliki Malang. Dalam merumuskan visi dan misi  jurusan/program studi akuntansi berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang terencana dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan (stake holder). Mekanisme pembentukan visi dan misi berawal dari cita-cita untuk menghasilkan lulusan (out-put) yang berkualitas sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja.

Dalam perumusan visi dan misi dilakukan workshop dengan melibatkan pemangku kepentingan seperti para pimpinan Fakultas dan jurusan/program studi, para dosen, perwakilan mahasiswa, beberapa Ketua jurusan/program studi akuntansi seperti Universitas Ma Chung Dan Universitas Negeri Malang, serta dunia usaha baik perbankan maupun industri. Penyelengaraan workshop ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Pimpinan di tingkat Rektorat dan pimpinan di tingkat Fakultas serta Tingkat jurusan/program studi dalam rapat kerja Universitas.
 
Hasil dari rapat pimpinan tersebut adalah berupa buku pedoman akademik universitas. Selanjutnya jajaran pimpinan di tingkat fakultas mengapresiasi kebijakan universitas dengan terlebih dahulu mengadakan rapat kerja (Raker) di tingkat Fakultas. Dalam raker tersebut diputuskan bahwa perlunya diselenggarakan workshop untuk merumuskan visi dan misi di jurusan/program studi. Dari hasil workshop, maka kemudian dibahas bersama-sama antara Ketua dan Sekretaris jurusan/program studi dan Dekan serta para Pembantu Dekan yang akhirnya membuat kesepakatan tentang visi dan misi jurusan/program studi akuntansi. Visi dan misi ini dijabarkan tentang tujuan jurusan/program studi dan dispesifikasikan dalam sasaran strategik jurusan/program studi.
 
Visi, misi, tujuan dan sasaran strategi, serta rencana strategi (Renstra) 4 tahunan kedepan jurusan/program studi yang akan mencerminkan profil organisasi yang sesungguhnya. Dalam pembentukan visi, misi, tujuan, sasaran strategi serta rencana strategi (Renstra) jurusan/program studi akuntansi melibatkan semua pihak. Ketua dan Sekretaris jurusan/program studi akuntansi menyerap perkembangan dunia usaha dan lingkungan serta berbagai harapan ke depan yang diinginkan oleh organisasi. Pimpinan dengan semua pihak yang berwenang mengambil keputusan, untuk merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran, serta renstra jurusan/program studi untuk ditetapkan sebagai visi, misi, tujuan, sasaran serta renstra jurusan/program studi yang harus dijalankan untuk masa 4 (empat) tahun kedepan.

Joomla 1.6 Templates designed by Joomla Hosting Reviews
Support by Rumah kreatif